Santai

Bisa Diatasi, Ini 5 Cara Menghadapi Panic Attack jika Terjadi Tiba-Tiba

Bisa Diatasi, Ini 5 Cara Menghadapi Panic Attack jika Terjadi Tiba-Tiba

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi panic attack atau serangan panik.

Serangan panik atau panic attack bisa menjadi hal menyeramkan jika tidak cepat diatasi karena bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kesulitan bernafas, keringat dingin, gemetar, hingga denyut jantung yang kencang bisa dirasakan ketika serangan panik menyerang,

Nah, berikut ada beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi panic attack yang tiba-tiba terjadi:

Baca Juga: Sering Dikonsumsi, Sudah Tahu Manfaat Buah Pisang? Ini 6 Daftarnya

Melatih pernafasan

Deep breathing atau teknik pernafasan dalam menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi serangan panik.

Laman Health Line menjelaskan, dengan melakukan latihan pernafasan dalam, bisa membantu untuk menenangkan dan mengurangi gejala anxiety dan juga depresi maupun gejala susah nafas saat serangan panik terjadi.

Tutup mata

Cara lain untuk mengatasi panic attack yang terjadi tiba-tiba adalah dengan mencoba untuk menutup mata. Cobalah untuk menutup mata untuk mengurangi stimuli yang menjadi pemicu serangan panik semakin menjadi.

Dengan menutup mata maka faktor stimuli lain bisa dikurangi dan membantu tubuh untuk lebih fokus pada pernafasan.

Mencari tempat tenang

Pandangan dan suara bisa menjadi pemicu munculnya serangan panik, sehingga cobalah untuk mencari tempat yang lebih tenang ketika panic attack terjadi.

Dengan berada di ruangan atau tempat tenang, akan membantu menciptakan kondisi mental yang baik serta membantu tubuh untuk lebih fokus mencari cara menghadapinya.

Baca Juga: Weak Hero Class 1 dan 5 Drakor Populer Terbaru Tanpa Adegan Romantis 

Fokus pada satu objek

Terlalu banyak objek yang dilihat bisa memicu munculnya panic attack. Laman Medical News Today menyarankan, agar sebisa mungkin cobalah untuk berfokus pada satu objek saja.

Teknik ini bisa membantu untuk mengurangi gejala serangan panik. Jika memungkinkan bawalah selalu satu objek familiar yang bisa digunakan untuk membantu berfokus pada satu objek saat serangan panik terjadi.

Latihan mindfulness

Mindfulness menjadi salah satu gaya hidup baru yang kini banyak diterapkan dalam kehidupan. Mindfulness bisa membantu mengatasi serangan panik dengan cara membantu seseorang untuk fokus pada saat ini.

Selain itu, seseorang yang telah berlatih mindfulness juga lebih menyadari kondisi emosionalnya. Cara ini juga bisa didukung dengan rutin melakukan meditasi dan afirmasi.

Konsultasi

Jika gejala serangan panik sudah dirasa sangat mengganggu dan tidak bisa diatasi, maka ada baiknya untuk mulai beranikan diri untuk berkonsultasi pada ahli.

Panic attack bisa diatasi dengan lebih baik oleh para ahli yang telah paham tentang gangguan tersebut. Nantinya, beberapa treatment atau pengobatan juga bisa dilakukan sebagai terapinya.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi panic attack atau serangan panik yang bisa terjadi kapan pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News