HOME, Keluarga

Terlahir Dalam Satu Ras yang sama, Ini Bedanya Anjing Pomeranian dan Mini Pom

Terlahir Dalam Satu Ras yang sama, Ini Bedanya Anjing Pomeranian dan Mini Pom

MOMSMONEY.ID - Anjing pomeranian merupakan salah satu ras anjing mini yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan rumahan. Anda mungkin akan dihadapkan pada pilihan jenis yang terbagi menjadi beberapa ukuran. Apakah Anda ingin membeli yang ukuran biasa atau yang mini?

Pada dasarnya, anjing pomeranian termasuk dalam jenis ras anjing mini dan hanya ada satu ras resminya yakni anjing pomeranian itu sendiri. Dilansir dari Pomeranian, secara resmi tidak ada tipe pomeranian yang berbeda, ras pomeranian berbeda, atau tipe ras yang berbeda.

Tetapi, anjing ini telah muncul dengan beberapa ukuran yang kemudian dianggap sebagai strategi pemasaran untuk memikat pembeli. Salah satunya adalah teacup atau mini pom.

Baca Juga: Mengenal Kondisi Megakolon yang Dialami Kucing

Di antara keduanya, tidak ada perbedaan khusus. Dilansir dari The Tea Cup Dog, perbedaan paling utamanya terletak pada ukurannya. Ukuran pomeranian standar atau biasa memiliki tinggi 7-12 inci atau sekitar 18-30 cm. Beratnya 1,4-3,2 kg dengan panjang seluruh tubuh 24-48 cm.

Sementara anjing pom ini memiliki ketinggian mulai 6-12 inci lebih kecil daripada anjing pomeranian biasa dan beratnya hanya mencapai 3 pon atau 1,37 kg saat dewasa. Kendati demikian, kedua jenis anjing satu ras ini sama-sama diketahui memiliki harapan hidup hingga 12-16 tahun.

Namun, ada sisi gelap yang terjadi dalam perbedaan ukuran ini, sehingga memunculkan kontroversi di kalangan pecinta anjing. Diketahui, pada mulanya, anjing mini pom dikembangbiakkan dengan cara sengaja oleh peternak tidak profesional yang hanya mencari uang.

Alasannya, anjing yang mini dan sangat kecil akan semakin memesona. Mereka juga memiliki label harga yang lebih tinggi karena keunikan ukurannya. Anjing mini pom juga semakin tren.

Dilansir dari Love Your Dog, dengan memanfaatkan tren yang berkembang, beberapa peternak melakukan praktik pembiakan yang tidak aman untuk mencapai ukuran yang diinginkan, yang seringkali menyebabkan anak anjing sakit-sakitan.

Sementara lainnya hanya akan berbohong tentang ukuran proyeksi anjing pada saat dewasa. Namun, saat ini, kondisi ini telah dimaklumi.

Baca Juga: Ini 5 Arti Gerakan Ekor Kucing

Pomeranian dimasukkan ke dalam American Kennel Club (AKC) pada tahun 1888 dan tahun 1900-an, pomeranian mini telah menjadi standar ras dengan berat di bawah 10 pon. Akan tetapi, meski muncul dalam berbagai ukuran, seluruhnya hanya dianggap satu ras pomenian secara resmi oleh AKC.

Alasannya, ini untuk kebaikan ras itu sendiri karena banyak peternak yang semakin amatir di pasaran yang menggunakan teknik pembiakan yang berisiko. Ini hanya akan menghasilkan anjing yang tidak sehat atau sakit-sakitan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih anjing pomeranian biasa daripada anjing mini pom yang cenderung memiliki risiko kesehatan. Pastikan juga Anda membelinya dari peternak profesional dan terdaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News