HOME, Keluarga

Ini 5 Arti Gerakan Ekor Kucing

Ini 5 Arti Gerakan Ekor Kucing

MOMSMONEY.ID - Sebagai pemilik kucing, Anda tentu ingin memahami setiap hal yang diinginkan atau diekspresikan kucing Anda.

Sayangnya, sangat mustahil untuk berkomunikasi dengan bahasa kepada kucing. Namun, Anda tetap dapat mengetahuinya dengan memperhatikan telinga, mata, postur tubuh, khususnya ekor, yang dapat mengungkapkan dengan tepat apa yang dia pikirkan dan rasakan.

Dilansir dari Catster, Marilyn Krieger, Konsultan Perilaku Kucing Bersertifikat dan penulis, mengatakan, meskipun ekornya ekspresif, mata, telinga, dan posisi tubuh yang dikombinasikan dengan bahasa ekor memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang bagaimana perasaan kucing.

Kucing yang menggoyangkan ekor bisa berarti banyak hal. Ini beberapa arti dibalik gerakan ekornya.

Baca Juga: Kenapa Kucing Suka Mengendus Benda-Benda yang Ditemuinya? Ini Jawabannya

The Swish

Ini adalah gerakan ketika kucing mengibaskan ekornya dengan cepat ke depan dan belakang, menunjukkan bahwa mereka tidak bahagia dan ingin dibiarkan sendiri.

Sementara, ekor yang bergerak perlahan dari kiri ke kanan sering menunjukkan bahwa kucing agak kesal. Namun, kucing yang sedang bermain juga akan mengibaskan ekornya dari sisi ke sisi ini sebelum menerkam.

Karena adanya beberapa kemungkinan ini, berarti Anda harus memperhatikan cara kucing mengibaskan ekornya dan tidak langsung membuat asumsi.

The Twitch

Gerakan ini biasaya dilakukan kucing saat sedang duduk di ambang jendela, berkonsentrasi pada burung atau hewan pengerat di dekatnya.

Gerakan ini tidak persis dengan gerakan mengibas perlahan seperti sebelumnya, meski terihat mirip.

Telinga, mata, dan vokalisasinya akan menunjukkan apakah dia sedang kesal atau hanya fokus memperhatikan. Kedutan di sekitar ekor biasanya juga meninggalkan pesan, “tinggalkan aku sendiri”.

The Quiver

Quiver adalah tindakan mengibaskan ekor kucing kecil yang cepat. Saat kucing merasa senang dengan Anda, dia mungkin akan mendekati Anda dengan ekornya berposisi vertikal.

Sementara ujung ekornya akan membuat gerakan cepat dan sedikit bergetar, seperti ekor ular derik. Namun, berbeda dengan ular, ekor kucing yang bergetar adalah sambutan baik dan biasanya disertai dengan dengkuran, menggosokkan wajah, dan terkadang vokalisasi bahagia.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Ras Kucing dan Harganya di Pasaran

The Sleepy Flick

Kucing tidak sama seperti anjing yang akan langsung datang ketika dipanggil. Kucing biasanya akan merenungkan situasi dan memutuskan apakah mereka mau menghampiri Anda atau tidak.

Namun, mereka biasanya tidak akan ragu menghampiri bila Anda memberinya makanan yang sudah mereka kenal.

Dalam kondisi tidur, ketika Anda memanggil namanya, kucing akan memberi tanda dengan gerakan ekornya.

Gerakan yang sangat halus, satu ketukan dari ekor yang mengantuk. Ini adalah kibasan ekor kucing yang artinya, “Ya, aku mendengarmu”. Wah, manis sekali, ya?

Maksud dari Posisi Ekor Kucing

Dari beberapa gerakan ekor di atas, Anda dapat mengetahui bahwa ekor kucing benar-benar menjadi barometer perasaannya.

Tidak hanya saat mereka menggerakan ekor saja, kucing juga memposisikan ekornya menurut perasaannya.

Hal ini biasanya akan disaksikan oleh teman-teman sesama kucingnya sebagai sinyal dan bahkan dari kucing itu sendiri untuk manusia.

Untuk membantu Anda memahami arti posisi ekor kucing, berikut panduan tabel untuk bahasa ekor kucing.

Arti gerakan ekor kucing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News