HOME, Keluarga

Tanaman Tanpa Pupuk, Apakah Masih Bisa Tumbuh? Simak Jawabannya

Tanaman Tanpa Pupuk, Apakah Masih Bisa Tumbuh? Simak Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Selain menyirami, hal terpenting lainnya dalam proses perawatan tanaman adalah pemberian pupuk. Pemberian pupuk pada tanaman umumnya rutin diberikan selama satu bulan sekali sebagai nutrisi tambahan agar tanaman dapat selalu berkembang.

Namun, bagaimana jika tanaman tidak diberi pupuk sama sekali? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda mengetahui fungsi pupuk lebih jauh.

Pupuk bagi tanaman bagaikan suplemen daripada disebut makanan untuk tanaman. Sebab, tanaman mendapatkan makanan mereka sendiri melalui hasil fotosintesis.

Dilansir dari Gardening Channel, pupuk menyediakan nutrisi tertentu yang biasanya sudah ada di sebagian besar tanah. Pupuk akan menyediakan unsur-unsur alami seperti nitrogen, fosfor, kalium, besi, kalsium, dan magnesium.

Baca Juga: Cara Merawat Kaktus Dalam Ruangan Sesuai Varietasnya

Saat tanaman tumbuh dan berkembang, mereka akan menyerap nutrisi dari dalam tanah. Oleh karena itu, mula-mula, memilih media tanam adalah yang terpenting dalam menanam. Karena terus diserap tanaman, tak mungkin unsur hara ini akan selalu ada karena habis terkuras.

Saat itulah peran pupuk dibutuhkan untuk menyuplai kembali nutrisi yang hilang dari tanah. Tujuan utama pupuk adalah menutrisi. Maka, tanaman yang tidak mendapatkan nutrisi akan tumbuh dengan beberapa masalah.

Meski tanah subur, tanaman akan tetap tumbuh subur, tetapi tidak selamanya. Semakin lama, tanaman akan terkulai juga karena kekurangan nutrisi.  

Tanaman yang tumbuh tanpa pupuk, biasanya juga akan membutuhkan banyak waktu untuk berkembang. Apalagi jika tanaman tersebut termasuk dalam tanaman yang berbuah, Anda harus sangat sabar jika tak menggunakan pupuk untuk tanaman. Namun, harus siap juga tanaman tidak berbuah sama sekali.

Baca Juga: Kekurangan Sinar Matahari Akan Menyebabkan Tanaman Tumbuh Tidak Normal

Pupuk tak hanya bermanfaat untuk tanaman, tetapi juga untuk tanah. Pemberian pupuk yang tepat akan memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kehidupan mikroorganisme.

Pupuk juga dapat membuat tanaman lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Maka, dapat dipastikan bila tanaman tanpa pupuk akan menjadi sangat rentan.

Kendati demikian, pemupukan saat tidak diperlukan justru berdampak negatif bagi tanaman. Anda perlu menguji kesuburan tanah tanaman sebelum memberikan pupuk. Selain itu, berikan pupuk ketika tanaman tampak tak subur yang bukan diakibatkan oleh penyakit atau hama.

Selain itu, beberapa tanaman mungkin hanya membutuhkan sebagian dari nutrisi yang ada dalam pupuk. Pupuk yang lengkap, memiliki tiga unsur hara utama, sedangkan pupuk tidak lengkap hanya memasok satu atau dua unsur.

Jika kondisi tanah memiliki jumlah forfos dan kalium yang baik, serta hanya membutuhkan nitrogen, memilih tetap menggunakan pupuk lengkap dapat merusak tanaman. Sebab, jika tanaman kelebihan fosfor misalnya, dapat menghambat penyerapan nitrogen.

Selanjutnya: Ini 4 Kesalahan Umum Pemberian Pupuk untuk Tanama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News