HOME, Keluarga

Cara Merawat Kaktus Dalam Ruangan Sesuai Varietasnya

Cara Merawat Kaktus Dalam Ruangan Sesuai Varietasnya

MOMSMONEY.ID - Salah satu tanaman hias yang banyak dijadikan sebagai penghijau ruangan adalah kaktus. Saat ini, banyak jenis-jenis kaktus yang sering dipelihara di dalam ruangan. Mereka sangat cantik diletakkan di sisi jendela atau meja ruangan. Tanaman ini umumnya juga membutuhkan perawatan minimal dan tidak rumit. Namun, Anda tetap harus memberikan perawatan yang terbaik agar kaktus tetap sehat.

Nah, ada dua varietas kaktus yang dipelihara dalam ruangan, yakni kaktus gurun dan kaktus hutan. Dilansir dari Cactusway.com, kaktus gurun dicirikan oleh duri dan dapat bertahan dalam kondisi gurun yang keras, contohnya adalah kaktus saguaro dan opuntia. Sementara kaktus hutan dikenal juga sebagai kaktus tropis, yakni tidak memiliki duri dan tidak cukup tangguh untuk menahan lingkungan gurun yang tidak bersahabat, contohnya kaktus paskah dan kaktus natal. Oleh karena itu, setiap varietas membutuhkan teknik perawatannya sendiri untuk membuatnya berkembang.

Baca Juga: Cara Merawat Sukulen yang Anti Ribet di Dalam Ruangan

Kaktus Hutan

Hal pertama dalam merawat kaktus di dalam ruangan adalah memastikan tanah yang digunakan Anda meniru lingkungan alami di mana tanaman ini tumbuh subur. Di habitat aslinya, kaktus ini tumbuh baik di bebatuan dan terkadang tumbuh di pohon. Akan tetapi, mereka tidak mendapatkan nutrisi dari pohon karena bukan parasite. Kaktus hutan mendapatkan nutrisi dari daun dan cabang yang mati.

Dari sini, Anda dapat mengetahui bahwa campuran tanah yang baik untuk varietas kaktus hutan adalah 25% tanah pot, 25% kulit anggrek, dan 25% sabut atau gambut. Terakhir, Anda dapat menambahkan kerikil kasar. Selain itu, pastikan drainase pada pot berjalan dengan baik agar tanah tidak tergenang air sewaktu penyiraman.

Kaktus hutan umumnya mendapatkan penyiraman lebih teratur, yakni seminggu sekali. Selalu sirami kaktus selama musim panas dan semi, lalu kurangi selama musim hujan. Kendati demikian, Anda lebih baik selalu mengecek kondisi tanah tanaman sebelum melakukan penyiraman 2 inci teratas tanah. Jika kering dan mengkerut, saatnya menyirami tanaman.

Untuk pupuk, Anda dapat memberikannya saat musim panas dan musim semi, yakni ketika tanaman sedang tumbuh aktif. Anda juga dapat memberikannya ketika kaktus dalam masa pertumbuhan.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Obat Keluarga Paling Umum Ditanam dan Khasiatnya

Sayangnya, kaktus hutan tidak boleh banyak terkena sinar matahari. Mereka tidak sekuat kaktus gurun. Kaktus hutan akan tumbuh dengan cahaya tidak langsung. Namun, jika memang terkena cahaya matahari langsung, pastikan mereka mendapatkan tidak lebih dari 5 jam per hari.

Kaktus Gurun

Kaktus gurun tidak hanya tumbuh di tanah berpasir, tetapi juga tanah yang kaya akan nutrisi, drainase, dan aerasi yang baik. Maka, sangat penting untuk membuat campuran tanah yang baik untuk kaktus gurun. Campuran yang baik adalah tanah pot, gambut, pasir, dan kerikil atau batu apung.

Varietas kaktus gurun lebih tangguh dalam hal penyiraman, tetapi mereka masih membutuhkan penyiraman teratur. Anda dapat memeriksanya lewat kondisi tanah setiap dua minggu sekali, yakni 2 inci dari atas tanah. Jika kering, Anda dapat langsung menyiraminya. Untuk pupuk, Anda dapat memberikannya kepada kaktus gurun sama seperti aturan pupuk kaktus hutan.

Berbeda dengan kaktus hutan, kaktus gurun sangat menyukai cahaya sinar matahari. Namun, Anda tetap harus berhati-hati agar sinar matahari tidak membakar tanaman Anda.

Selanjutnya: 6 Jenis Kaktus yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News