HOME, Santai

Tak Punya Pengalaman Kerja? Yuk, Gunakan Tips Ini untuk Tambah Pengalaman

Tak Punya Pengalaman Kerja? Yuk, Gunakan Tips Ini untuk Tambah Pengalaman

MOMSMONEY.ID - Pengalaman kerja tentunya akan sangat berguna untuk diletakkan dalam CV. Pengalaman kerja juga merupakan salah satu aspek pertimbangan sebuah perusahaan menerima calon pekerjanya.

Namun, bagaimana dengan fresh graduate yang tidak memiliki banyak pengalaman kerja? Tenang saja, beberapa pengalaman ini bisa Anda dapatkan untuk menambah nilai jual Anda di dunia kerja.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan jika belum memiliki banyak pengalaman kerja.

Baca Juga: Jika Tulang Punggung Keluarga Meninggal, Ini yang Harus Segera Dilakukan

Pengalaman organisasi

Anda dapat mencantumkan pengalaman organisasi jika Anda belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan perusahaan dalam menilai Anda di dunia masyarakat.

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan pengalaman volunteer atau menjadi relawan sebagai pengganti pengalaman kerja Anda. Nantinya pengalaman ini juga dapat membantu Anda untuk upgrade skill sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

Pengalaman magang

Pengalaman magang dapat juga digunakan sebagai pengganti pengalaman kerja. Kegiatan magang juga tentunya akan sangat bermanfaat dalam membantu Anda menambah skill dan pengetahuan di bidang kerja.

Di samping itu, dengan mengikuti kegiatan magang tentunya dapat membantu Anda untuk menambah koneksi dan relasi sebelum terjun ke dunia kerja. 

Baca Juga: Yuk, Siapkan Hal Berikut Ini Sebelum Mulai Bisnis Online Shop

Pengalaman part time

Bekerja part time juga bisa memberikan banyak ilmu dan pengalaman di dunia kerja. Kegiatan part time ini dapat dilakukan di sela-sela waktu libur atau waktu luang jika Anda masih seorang mahasiswa.

Pengalaman part time ini juga dapat menjadi nilai tambah yang bisa dicantumkan di CV. Hal tersebut dapat menjadi sebuah tanda bahwa Anda merupakan seorang yang produktif di sela-sela waktu luang yang Anda miliki.

Pengalaman freelance

Freelance hampir memiliki konsep yang sama seperti part time. Yang berbeda hanyalah, freelance tentunya tidak memiliki ikatan dan jam kerja seperti part time atau full time.

Pengalaman freelance ini dapat Anda lakukan dari masa Anda sekolah. Sehingga pengalaman tersebut bisa Anda cantumkan pada CV sebagai pengalaman kerja. Selain itu bekerja freelance juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan portofolio jika Anda memiliki minat kerja di bidang seni atau jasa.

Selanjutnya: Mengenal Aneka Bentuk Keramik, Mana yang Anda Suka?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News