Jika Tulang Punggung Keluarga Meninggal, Ini yang Harus Segera Dilakukan

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Senin, 18 Oktober 2021 | 07:40 WIB
Jika Tulang Punggung Keluarga Meninggal, Ini yang Harus Segera Dilakukan

ILUSTRASI. Ketika tulang punggung meninggal, yang harus dilakukan adalah segera mengurus surat-surat, asuransi, investasi dan cari teman atau perencana keuangan yang memang paham mengatur keuangan. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

MOMSMONEY.ID - Sebenarnya, apa yang harus dilakukan pasangan atau anggota keluarga bila tulang punggung keluarga meningal? 

Erlina Juwita, senior consultant OneShildt Financial Independence mengatakan, ketika ada anggota keluarga yang meninggal, sebenarnya hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus surat kematian ke dinas pendudukan.

"Ini harus diurus secepatnya. Kalau sudah lewat dari batas itu, data tak bisa diurus lagi," katanya. 

Baca Juga: Tips Bertahan Hidup Saat Tulang Punggung Meninggal

Selanjutnya, melihat apakah ada asuransi jiwa terkait kematian tulang punggung keluarga, baik itu suami atau penanggung nafkah lainnya. Lantas, lihat dokumen asuransinya dan langsung diurus. 

Kemudian menghitung final expend, yaitu biaya-biaya yang sudah keluar ketika tulang punggung sakit hingga meninggal. Tak lupa juga biaya-biaya pengurusan surat-surat.

"Apabila punya dana darurat, biaya itu dibayarkan dari dana darurat. Namun, jika tidak ada maka alternatif pinjam keluarga sebelum berutang," pesan Erlina.

Lihat pula, aset apa yang harus dibalik nama seperti properti, tanah, apartemen, atau rumah. Ini harus diurus agar tidak menyulitkan keluarga yang ditinggalkan. 

Langkah berikutnya, ubah semua identitas di jasa keuangan, seperti perbankan atau investasi. Cari tahu juga jumlah utangnya dan jangka waktu pelunasan. 

 Sementara, jika suami atau tulang punggung memiliki perusahaan atau saham di suatu perusahaan, maka cari tahu berapa persen sahamnya dan siapa saja pemegang sahamnya. 

Erlina mengingatkan, yang tidak kalah penting lagi, cari teman yang paham cara mengatur keuangan, yang paham hukum, dan paham soal keadaan psikologi. Karena biasanya bukan hanya keuangan yang terguncang, tetapi juga mental bisa terguncang karena hal ini. 

Selanjutnya: Turun Harga Rp 1 Juta, Ini Harga dan Spesifikasi OPPO Watch 41mm

 

Editor: Francisca bertha
Terbaru