Santai

Tak Melulu Seksi, Ini 5 Manfaat Pole Dance yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Tak Melulu Seksi, Ini 5 Manfaat Pole Dance yang Jarang Diketahui Banyak Orang

MOMSMONEY.ID - Selalu dikaitkan dengan hal-hal seksi, ternyata pole dance juga punya manfaat baik untuk kesehatan, loh.

Pole dance adalah salah satu jenis olahraga yang kini sedang tren dan banyak dilakukan oleh para perempuan.

Walau sering dikaitkan dengan olahraga yang seksi, namun pole dance bermanfaat bagi kesehatan tubuh sama seperti olahraga lainnya.

Ini dia beberapa daftar manfaat olahraga pole dance yang jarang diketahui banyak orang.

Baca Juga: Resep Awet Muda, Coba Rutin Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saja

Cepat membakar kalori

Sama seperti olahraga pada umumnya, pole dance juga merupakan olahraga yang efektif membakar kalori. Pole dance adalah olahraga yang membuat tubuh berada dalam kondisi aktif untuk melakukan beberapa gerakan di tiang khusus.

Dalam satu sesi pole dance yang berdurasi 30 menit, seseorang bisa membakar kalori sama dengan melakukan satu sesi aerobik dan olahraga senam. Akhirnya, tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

Lentur dan seimbang

Manfaat kesehatan lain dari melakukan olahraga pole dance adalah membantu tubuh untuk menjadi lentur dan seimbang. Melakukan gerakan pole dance yang bertumpu di sebuah tiang khusus bukanlah perkara yang mudah.

Laman Life Hack menjelaskan bahwa keseimbangan dan kelenturan tubuh akan dilatih secara otomatis jika rutin melakukan olahraga pole dance.

Semakin lentur maka permasalahan gangguan kesehatan pada bagian tulang punggung, kaku leher, dan otot yang sakit pun bisa berkurang.

Baca Juga: Weight Loss vs Fat Loss, Mana yang Lebih Baik? Kenali Perbedaan Keduanya

Merawat organ tubuh

Selain membantu menjaga kondisi tubuh tetap bugar, olahraga pole dance juga bisa membantu merawat organ-organ tubuh. Seperti jantung dan laju peredaran darah bisa menjadi lebih lancar dengan melakukan olahraga ini.

Selain itu, kesehatan tulang dan sendi juga bisa diperbaiki dengan melakukan pole dance. Sebab olahraga pole dance akan membuat otot menjadi lebih kuat, merawat kesehatan sendiri, serta mengurangi resiko keropos tulang atau osteoporosis.

Mengurangi stres

Stres juga bisa dikurangi dengan rutin melakukan olahraga. Tak terkecuali melakukan olahraga pole dance. Selain memperoleh manfaat untuk membuat tubuh tetap bugar, olahraga pole dance juga membantu menjaga kondisi kesehatan mental seseorang.

Melansir laman Mind Body Green menjelaskan bahwa pole dance bisa menjadi salah satu terapi untuk healing dan menjaga kesehatan mental seseorang.

Dibutuhkan seni serta emosi untuk melakukan beberapa gerakan tarian pada olahraga ini. Sehingga seseorang akan merasa lebih emosional dan bisa membantu melepaskan stres ketika bisa melakukannya.

Menambah percaya diri

Tak hanya bisa mengurangi stres dan menjadi cara untuk healing, pole dance juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang.

Rasa percaya diri diperoleh dari rasa senang yang dihasilkan dari keberhasilan melakukan satu gerakan pole dance, walau hanya gerakan dasar.

Perlahan-lahan, rasa percaya diri akan kekuatan, bentuk, dan postur tubuh yang membaik bisa diperoleh dari olahraga ini.

Tak hanya bisa dilakukan wanita, itulah tadi manfaat olahraga pole dance yang juga bisa dilakukan para pria, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News