Santai

Weight Loss vs Fat Loss, Mana yang Lebih Baik? Kenali Perbedaan Keduanya

Weight Loss vs Fat Loss, Mana yang Lebih Baik? Kenali Perbedaan Keduanya

MOMSMONEY.ID - Kerap disalah artikan, inilah perbedaan weight loss dan fat loss yang wajib diketahui saat sedang lakukan diet.

Weight loss dan fat loss adalah dua istilah yang tentunya tidak asing bagi yang sedang menjalani program diet.

Keduanya adalah dua hal yang berbeda namun sama-sama memegang peranan penting dalam kesuksesan program diet.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui perbedaan weight loss dan fat loss berikut agar tidak salah kaprah:

Baca Juga: 6 Pengaruh Ovulasi pada Perempuan, Nomor 5 Sering Terjadi

Fat loss

Menurut laman Health Line, fat loss adalah keadaan di mana tubuh mengalami penurunan berat badan karena kehilangan fat atau lemak dalam tubuh.

Fat loss adalah hal yang sebenarnya perlu dilakukan bagi siapa pun yang ingin berhasil dalam program dietnya.

Namun, banyak yang salah dengan menggunakan timbangan sebagai indikator berkurangnya lemak di tubuh yang mengacu pada weight loss saja.

Fat loss akan lebih memiliki hasil spesifik dan stabil dibanding weight loss, karena yang berkurang adalah lemak di dalam tubuh.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi jumlah kalori pada tubuh. Memberikan perhatian lebih pada jenis makanan, jumlah kalori yang masuk, dan olahraga adalah hal yang penting dilakukan dengan seimbang.

Baca Juga: Ingin Perut Terlihat Sixpack? Lakukan 5 Cara Bikin Otot Perut alias Abs Ini Saja

Makanan makanan kaya nutrisi, penuh protein, dan menu sehat adalah cara agar otot tidak berkurang dalam tubuh.

Melakukan olahraga yang berfokus pada kekuatan atau endurance lebih disarankan dibanding banyak melakukan olahraga cardio.

Angkat beban dan olahraga lain yang mengandalkan power dan kekuatan adalah olahraga yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan fat loss.

Berat badan bisa jadi sama namun hal lain seperti merasa lebih kurus karena yang berkurang adalah lemak dalam tubuh menjadi salah satu hasil yang diperoleh dari fat loss.

Weight loss

Berbeda dengan fat loss, weight loss, melansir laman Medical News Today, adalah pengurangan berat badan secara keseluruhan. Bagian otot, lemak, bahkan air dalam tubuh mengalami penyusutan yang berpengaruh pada berat badan.

Timbangan menjadi salah satu acuan untuk mengukur keberhasilan weight loss seseorang. Dalam program diet, biasanya weight loss tidak begitu disarankan.

Baca Juga: Tak Hanya Genetik, 5 Faktor Ini Pengaruhi Ukuran Payudara Perempuan

Sebab, weight loss hanya mengurangi jumlah otot, lemak, dan air dalam tubuh.

Padahal, penurunan berat badan yang juga mengurangi jumlah otot, lemak, dan air sekaligus bisa membuat tubuh menjadi terlihat tidak segar walaupun terlihat lebih langsing dan kurus.

Jika memiliki fokus untuk melakukan weight loss, berat badan bisa turun hanya dengan mengurangi makanan yang dikonsumsi dan melakukan olahraga seperti cardio.

Ternyata berbeda, itulah tadi pengertian dan perbedaan dari weight loss dan fat loss dalam dunia diet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News