HOME, Bugar

Tak Hanya Kesegaran, Ini Berbagai Khasiat Air Kelapa Muda

Tak Hanya Kesegaran, Ini Berbagai Khasiat Air Kelapa Muda

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Menikmati air kelapa muda di tengah panas terik pasti terasa menyegarkan. Selain menghilangkan dahaga, rasanya sudah pasti enak ya moms! 

Sayangnya masih belum banyak yang tahu kalau air kelapa muda punya banyak khasiat. Nutrisi yang terkandung didalamnya bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, pakar farmakologi dari Universitas Indonesia menjabarkan berberapa khasiat air kelapa : 

1.  Mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan


Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun. Misalnya saat menderita demam. Biasanya orang yang demam akan kehilangan cairan tubuh. Jika mengkonsumsi cairan termasuk air kelapa akan bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang, sehingga mengurasi bahaya dehidrasi. 

Baca Juga: Anosmia? Yuk, Coba Latih Indera Penciuman Pakai Daun Mint

2. Melawan racun


Mungkin moms pernah mendengar para orang tua bilang air kelapa bisa menawarkan racun. Kalau ditelaah ungkapan tersebut ada benarnya. Kecukupan cairan dalam tubuh bisa membuat sistem dalam tubuh bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun. 
Jadi minum air kelapa dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan memberi efek positif pada sistem tubuh termasuk sistem imun. 

3. Mengembalikan elektrolit
 

Ketika berolahraga, moms pasti sering mengalami dehidrasi kan? Selain hilangnya cairan tubuh, olahraga juga membuat tubuh kehilangan kandungan elektrolit. Nah, mengkonsumsi air kelapa bisa membantu mengembalikan elektrolit tersebut. Beberapa elektrolit vital seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium yang semuanya merupakan kandungan air kelapa. Beberapa penelitian menunjukkan mengkonsumsi air kelapa setelah berolahraga lebih bermanfaat daripada minuman berenergi. 

Baca Juga: Inilah 4 Tanda-tanda dan Penyebab Skincare Kadaluarsa

4. Memiliki nutrisi lengkap
 

Air kelapa diyakini memiliki kandungan beberapa nutrisi penting. Satu butir kelapa muda rata-rata mengandung 100 cc air. Untuk per 200 cc, umumnya mengandung 7,5 gram karbohidrat, 1,5 - 2 gram protein dan energi sekitar 40-60 Kcal. Jadi kalau moms mengkonsumsi air kelapa bisa mendapatkan karbohidrat, protein dan energi sekaligus. 

Wah cukup banyak dan lengkap kan manfaat air kelapa muda. Mungkin bagi sebagian orang sulit untuk mendapatkan kelapa segar setiap hari. Apalagi pada masa PPKM seperti sekarang. Menurut Prof Tuti moms juga bisa mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan. Namun sebelumnya harus dipastikan dulu bahan-bahan yang terkandung didalamnya. "Ini untuk memverifikasi bahwa anda mendapatkan air kelapa asli dan tidak mengandung tambahan gula atau bahan pengawet," pesannya. 

Selanjutnya: Resep Tongseng Sapi Bumbu Rempah, Hidangan Utama untuk Keluarga di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News