HOME, Bugar

Anosmia? Yuk, Coba Latih Indera Penciuman Pakai Daun Mint

Anosmia? Yuk, Coba Latih Indera Penciuman Pakai Daun Mint

MOMSMONEY.ID - Daun mint memiliki rasa menyengat yang memberikan sensasi dingin pada hidung & tenggorokan. Rasanya yang unik sering dijadikan sebagai penambah rasa untuk berbagai jenis makanan seperti permen ataupun jus daun mint.

Dalam bidang kesehatan, nyatanya daun mint ini mampu dimanfaatkan sebagai bahan yang digunakan untuk latihan mencium agar dapat mengembalikan indera penciuman bagi yang mengidap anosmia.

Cita rasa daun mint yang menyengat ini memberikan sensasi ‘dingin’ pada pernapasan. Akibatnya, hidung yang tersumbat akan kembali mereda.

Baca Juga: Resep Ice Lime Mojito, Sensasi Segar Minuman Rasa Jeruk Nipis yang Hidupkan Suasana

Lalu, seperti apa cara latihan mengembalikan indera penciuman menggunakan daun minta? Simak selengkapnya!

Cara melatih hidung menggunakan daun mint

Dilansir dari Sunlight, penggunaan obat pernapasan yang menggunakan bahan dasar daun mint nyatanya jauh lebih efektif, loh, dibandingkan dengan penggunaan obat kimia berbahan aerosol.

Bagi anda yang sedang terganggu pernapasannya akibat anosmia, ataupun pilek, anda bisa membeli obat-obatan berbahan herbal daun mint di apotek untuk melatih pernapasan anda.

Sementara itu, dilansir dari UC Health, anda bisa melatih pernapasan pernapasan menggunakan minyak daun mint.

Caranya, cukup hirup uap dari air panas yang dicampurkan dengan beberapa tetes minyak yang mengandung herbal daun mint.

Dengan latihan terus menerus, maka hidung anda yang tersumbat dan tidak bisa mencium apapun, sedikit demi sedikit terbuka saluran pernapasannya.

Baca Juga: 4 Macam Makanan Korea Berkuah yang Direbus, Tertarik Mencoba?

Mengapa daun mint bisa digunakan untuk mengatasi anosmia?

Hal ini disebabkan kandungan menthol dalam daun mint berfungsi:

  • Mengecilkan selaput hidung yang bengkak
  • Memudahkan bernapas
  • Membantu melonggarkan lendir yang terkumpul di dalam paru-paru
  • Dekongestan.

Baca Juga: Resep Soto Ayam Ambengan Bumbu Kunyit Khas Surabaya

Dekongestan adalah jenis obat yang biasa digunakan untuk meredakan hidung yang tersumbat.

Selain itu, menurut Carra Mars, seorang ahli gizi yang dilansir dari UC Health mengatakan bahwa daun mint diperkirakan memiliki beberapa kualitas antivirus.

“Jika anda sering sakit, minum 2-3 tetes minyak daun mint yang dicampur ke dalam air dapat mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda” kata Mars.

Bagi anda yang terkena efek panjang dari Covid-19 atau biasa yang disebut Long Covid, anda bisa melatih indera penciuman anda menggunakan daun mint ini.

Perlu anda ketahui, dilansir dari Vopec Pharma, kualitas daun mint juga berpengaruh besar bagi efek penyembuhan anosmia ini.

Hal ini karena daun mint yang mengandung 70% menthol dan bahan mikro lainnya seperti Vitamin A, vitamin C, kalium, niasin, besi, yodium, belerang, dan silicon akan memiliki efek maksimal untuk menyembuhkan hidung tersumbat.

Jadi, bagi anda yang yang sedang sakit entah itu batuk, pilek, ataupun anosmia, jangan lupa gunakan obat yang berbahan dasar daun mint agar cepat pulih.

Selanjutnya: Lobak Putih Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi, Cek Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News