HOME, Keluarga

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Keuntungan Punya Kolam Ikan di Rumah!

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Keuntungan Punya Kolam Ikan di Rumah!

MOMSMONEY.ID - Kolam ikan merupakan salah satu fitur yang cukup umum dijumpai di rumah-rumah Indonesia. Apalagi jika rumah tersebut memiliki sisa lahan yang cukup lapang.

Memang, keberadaan kolam ikan dapat meningkatkan nilai estetika suatu hunian. Namun, ternyata bukan itu saja keuntungan memiliki kolam ikan di rumah.

Jika ditelusur lebih jauh, sebenarnya kolam ikan menawarkan banyak manfaat dan keuntungan bagi pemilik rumah. Penasaran apa saja keuntungannya? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Populer di Indonesia, Ini Kelebihan Rumah Tapak yang Perlu Diketahui

Mempercantik rumah

Dikutip dari Pond Planet UK, salah satu manfaat utama kolam ikan adalah meningkatkan nilai estetika alias mempercantik rumah.

Jika didesain dengan benar, kolam ikan dapat berperan sebagai titik fokal yang menawan di rumah Anda, apalagi jika dikelilingi oleh tanaman hias. Jadi, hanya dengan memiliki kolam ikan, rumah Anda akan terlihat makin keren.

Memanfaatkan sisa lahan di rumah

Jika Anda punya sisa lahan yang cukup di rumah, membuat kolam ikan dapat menjadi solusi yang cukup cerdas untuk memanfaatkan sisa lahan tersebut. Pasalnya, dengan membuat kolam ikan, Anda akan mengurangi luas lahan sehingga tidak perlu repot-repot merawat tanahnya.

Selain itu, kolam ikan juga berfungsi sebagai sumber air darurat jika Anda butuh menyiram tanaman atau lahan di sekitar kolam.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Taman Rumah yang Mewah, Mudah Dilakukan!

Menyediakan habitat makhluk hidup

Dilansir dari Clearwater Creations, salah satu manfaat memiliki kolam ikan adalah menyediakan habitat untuk berbagai makhluk hidup. Jadi, Anda bisa lebih dekat dengan alam sekaligus melestarikannya.

Seperti namanya, kolam ikan utamanya berfungsi sebagai habitat ikan peliharaan. Namun, keberadaan kolam ikan juga dapat menjadi habitat bagi makhluk hidup lain, seperti capung, kodok, burung, hingga tanaman-tanaman di sekelilingnya.

Baca Juga: Simak, Ini Tips Menata Kamar Tidur ala Feng Shui yang Bisa Bawa Hoki

Membantu menenangkan pikiran

Jika didengarkan dengan saksama, suara aliran air di kolam ikan akan terasa menenangkan, apalagi jika Anda memasang air mancur tambahan di kolam tersebut.

Jadi, tak hanya mempercantik rumah, keberadaan kolam ikan juga dapat membantu menenangkan pikiran. Kolam ikan juga dapat menjadi sumber alami untuk mengatasi stres dan rasa lelah di rumah.

Menambah nilai jual rumah

Mengutip Dekoruma, keberadaan kolam ikan di rumah ternyata dapat membantu menambah nilai jual rumah. Walaupun Anda tidak berencana untuk pindah  atau menjual rumah dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk mencoba meningkatkan nilai jual rumah mulai sekarang.

Jadi, jika pada akhirnya Anda menjual rumah, kemungkinan besar rumah akan terjual dengan harga relatif tinggi.

Itulah beberapa keuntungan dengan membuat kolam ikan di rumah. Bagaimana, tertarik menambahkan kolam ikan di rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News