Tak Banyak Disadari, Ternyata 5 Hal Inilah Penyebab Perut Buncit

Reporter: Christ Penthatesia
Rabu, 30 November 2022 | 08:28 WIB
Tak Banyak Disadari, Ternyata 5 Hal Inilah Penyebab Perut Buncit

ILUSTRASI. Perut buncit yang mengganggu penampilan dan kesehatan bisa disebabkan karena beberapa hal yang tidak disadari.


MOMSMONEY.ID - Perut buncit bisa mengganggu penampilan sekaligus memberikan efek buruk bagi kesehatan. Kenali penyebab perut buncit berikut ini.

Selain karena terlalu banyak mengonsumsi makanan, ternyata ada penyebab lain yang membuat perut menjadi buncit.

Permasalahan seperti banyaknya kandungan air dalam tubuh, jenis makanan yang dimakan, dan masalah kesehatan lainnya dapat menjadi penyebab perut buncit.

Berikut adalah beberapa penyebab lain perut menjadi buncit:

Baca Juga: Comeback dengan Birthday, Ini 5 Music Video Terbaik Red Velvet

Terlalu banyak garam

Sodium atau garam dapat menjadi sumber penyebab perut buncit. Melansir dari halaman Web MD, terlalu banyak kandungan garam atau sodium pada tubuh akan membuat tubuh menghasilkan lebih banyak garam.

Selain itu, kondisi terlalu banyak garam dalam tubuh juga bisa menyebabkan munculnya resiko penyakit darah tinggi. Jika memungkinkan gunakan garam asli dan bukan merupakan produk pabrik, seperti himalayan salt.

Makan terlalu cepat

Mengunyah makanan terlalu cepat dapat juga dapat membuat perut menjadi lebih mudah buncit. Sebab, semakin banyaknya udara yang masuk pada saluran usus yang disebabkan karena ritme makan yang terlalu cepat.

Hal inilah yang menyebabkan perut kemudian menjadi kembung dan buncit. Makan secara perlahan dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga makanan dapat dicerna tubuh dengan lebih baik.

Baca Juga: 6 Ide Kado Natal Buat Si Mindful dan Zen, Super Menenangkan

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan seperti acid reflux, iritasi pada usus besar, hingga wasir atau ambeien dapat menjadi penyebab perut menjadi buncit.

Tanda perut buncit yang disebabkan karena masalah kesehatan ini adalah munculnya terlalu banyak gas yang dikeluarkan tubuh. Segeralah periksakan kondisi kesehatan ketika gejala tersebut mulai muncul secara berlebihan.

Menstruasi

Para perempuan wajib mengetahui bahwa saat menstruasi, biasanya perut akan terlihat membesar dan buncit dari biasanya. Soalnya, ada hormon PMS yang membuat tubuh para perempuan menyimpan lebih banyak air.

Sehingga, hasilnya akan menyebabkan perut perempuan terasa kembung dan buncit saat menjelang menstruasi. Sebisa mungkin jauhi makanan manis, karbohidrat, dan garam untuk mengurangi gejala PMS tersebut.

Konstipasi

Melansir dari halaman Medical News Today, konstipasi juga menjadi penyebab yang dapat membuat perut terasa kembung.

Konstipasi pun bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat seperti dehidrasi, kurang mengkonsumsi serat, dan kurangnya nutrisi seperti magnesium.

Penyebab lain seperti perubahan diet atau pola makan yang tiba tiba dan stres juga dapat menjadi penyebab perut buncit.

Jika sudah mengetahui penyebab perut menjadi buncit, yuk, mulai jauhi hal-hal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER