HOME, Santai

Suka Overthinking? Lakukan Tips Berikut Ini Agar Terhindar dari Overthinking

Suka Overthinking? Lakukan Tips Berikut Ini Agar Terhindar dari Overthinking

MOMSMONEY.ID - Overthinking merupakan salah satu aktivitas yang kerap melanda banyak orang terutama saat sedang sendiri dan tidak melakukan aktivitas apapun.

Overthinking bisa terjadi berupa munculnya banyak pikiran yang belum pasti kebenarannya dan adanya perasaan cemas, takut, dan khawatir akan beberapa hal yang dipikirkan.

Overthinking sendiri bisa diatasi dengan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh diri sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi overthinking.

Baca Juga: 4 Film Indonesia Ini Akan Tayang di Bioskop Bulan Februari Ini! Catat Tanggalnya!

Mencari selingan

Overthinking bisa saja terjadi karena pikiran sedang berada dalam kondisi kosong dan membuat banyak pikiran masuk ke dalam otak dan alam bawah sadar.

Mencari selingan atau kegiatan pengalihan yang membuat tubuh dan pikiran bekerja secara aktif seperti melakukan hobi, membaca, berjalan-jalan, atau berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi overthinking.

Meningkatkan self awareness

Melansir dari laman Health Line, dengan memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi maka dapat membantu seseorang untuk memilah mana pikiran yang penting dan hanya sekedar overthinking.

Dengan mencatat mood dan pikiran yang ada di dalam otak bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan self awareness. Sehingga Anda kemudian bisa lebih memahami diri, emosi, dan pikiran yang memicu munculnya overthinking.

Baca Juga: Tak Perlu Takut Gendut! Ini Sederet Makanan Sehat Untuk Dinikmati Saat Perayaan Imlek

Refleksi

Melakukan refleksi terhadap serangkaian aktivitas dan kejadian selama satu hari penuh pada jurnal juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi overthinking.

Laman Forbes menyarankan untuk meluangkan waktu 20-30 menit setiap harinya untuk melakukan refleksi atau melakukan thinking time. Dimana pada waktu tersebut segala pikiran dan kecemasan dapat dituangkan dengan bebas pada sebuah jurnal pribadi.

Meditasi

Meditasi juga merupakan salah satu cara yang tepat dipilih untuk mengatasi overthinking. Meditasi merupakan aktivitas yang bisa membuat tubuh dan pikiran aktif bekerja dengan seimbang.

Dengan rutin melakukan meditasi, tubuh dan pikiran akan terbantu untuk fokus berada pada hari ini atau yang akrab disebut dengan mempraktekkan mindfulness melalui meditasi. Sehingga segala kekhawatiran dan kecemasan dari hari kemarin dan kedepannya dapat terpisah dan terhindar dari overthinking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News