Keluarga

Suka Mandi Air Panas? Ini 5 Efek Negatif Mandi Air Panas untuk Kulit dan Rambut

Suka Mandi Air Panas? Ini 5 Efek Negatif Mandi Air Panas untuk Kulit dan Rambut

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 efek negatif mandi air panas untuk kulit dan rambut di sini.

Kendati menawarkan efek relaksasi, faktanya mandi menggunakan air panas menyimpan bahaya yang mengancam kulit dan rambut terutama jika dilakukan dengan sering.

Ada setidaknya 5 efek negatif mandi air panas untuk kulit dan rambut. Melansir Bialife, berikut penjelasannya:

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Wajah, Bikin Kulit Kenyal!

1. Mengeringkan kulit

Mandi air panas tidak hanya akan membersihkan kotoran dan sel kulit mati dari kulit, tetapi juga minyak yang penting untuk menjaga kulit tetap lembab. Akibatnya, kulit rentan mengering dan mengelupas. Lama-kelamaan, kulit yang kering dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan dan risiko infeksi.

Jadi, pastikan Anda tidak terlalu sering mandi air panas jika tidak mau kulit menjadi kering. Sesaat setelah mandi, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab yang menghidrasi guna mengembalikan kelembaban pada kulit sekaligus menguncinya.

2. Meningkatkan risiko eksim

Kulit kering akibat mandi air panas dapat dengan mudah memicu eksim khususnya eksim atopik. Eksim atopik sendiri adalah kondisi umum ketika bercak kulit menjadi merah, gatal, dan kering. Kondisi ini memiliki berbagai penyebab termasuk alergi dan iritasi.

Untuk menghindari eksim atau mencegahnya semakin parah, usahakan untuk tidak mandi air panas secara berlebihan. Jika Anda memiliki eksim dan terpaksa mandi air panas, gunakan krim topikal atau obat resep yang bisa menargetkan eksim secara efektif dan menyembuhkannya dengan cepat.

3. Meningkatkan potensi jerawat

Mandi air panas apalagi terlalu sering dapat menghilangkan minyak sehat yang dibutuhkan oleh kulit. Untuk mencoba menyembuhkan kulit yang kering akibat mandi air panas, tubuh akan memproduksi minyak secara berlebihan. Pada gilirannya, produksi minyak yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Apabila Anda tetap nekat mandi air panas saat wajah atau tubuh Anda ditumbuhi jerawat, itu dapat merusak kulit Anda lebih jauh.

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 4 Teh yang Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami

4. Membakar kulit

Mandi air panas berpotensi membakar kulit. Sama seperti sengatan matahari, mandi air panas bisa menyebabkan kulit sensitif, kemerahan, dan bahkan mengelupas.

Adapun kulit yang terbakar akibat mandi air panas dapat merusak pelindung kulit sekaligus meningkatkan risiko infeksi.

5. Memperlambat pertumbuhan rambut

Selain merusak kulit, kebiasaan mandi air panas juga memiliki efek yang negatif bagi rambut. Mandi air panas dapat menyingkirkan minyak yang sehat pada kulit kepala. Jika dibiarkan, kurangnya kelembaban pada kulit kepala akan memengaruhi folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Tak sampai di situ, mandi dengan menggunakan air panas sering kali tidak bisa membersihkan residu sampo dan kondisioner sepenuhnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan langsung pada rambut serta membuatnya tampak kering, kusam, dan tipis.

Demikian 5 efek negatif mandi air panas untuk kulit dan rambut. Alih-alih mandi menggunakan air yang terlalu panas, alangkah baiknya Anda menggantinya dengan air dingin atau air hangat suam-suam kuku. Adapun durasi mandi yang ideal tanpa merusak kulit dan rambut adalah 5-15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News