Keluarga

Layak Dicoba, Ini 4 Teh yang Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami

Layak Dicoba, Ini 4 Teh yang Bermanfaat untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Layak dicoba, ini 4 teh yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat secara alami.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, teh juga memiliki banyak manfaat untuk kulit salah satunya mengatasi jerawat.

Pada dasarnya, kemampuan menyembuhkan jerawat yang dimiliki teh berasal dari kandungan antioksidan serta sifat anti-inflamasinya.

Merangkum laman mindbodygreen, ada setidaknya 4 teh yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat secara alami. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini 5 Makanan Diet untuk Anak yang Obesitas

1. Teh peterseli

Teh peterseli

Berdasarkan informasi anekdotal, teh bercita rasa pahit ini mampu membantu mengurangi jerawat dan memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Teh peterseli tinggi vitamin A, C, dan K yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Selain bagus untuk mengatasi jerawat, kandungan vitamin A yang melimpah dalam teh peterseli juga bermanfaat untuk meningkatkan pergantian atau regenerasi sel kulit.

2. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang mengurangi peradangan. Penggunaan teh hijau secara topikal dinilai mampu mengurangi produksi sebum, menghilangkan sifat berminyak, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Bagi penderita rosacea yang sensitif terhadap sinar matahari, teh hijau dapat mengurangi reaktivitas kulit terhadap sinar UV.

Mengandung polifenol, studi menemukan bahwa aplikasi polifenol secara topikal dapat membantu memperbaiki kulit, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan bahkan membalikkan tanda-tanda penuaan kulit. Adapun perbaikan kulit merupakan bagian penting dari penyembuhan jerawat terutama agar tidak meninggalkan bekas.

Baca Juga: Bikin Kulit Jadi Glowing, Simak 5 Manfaat Seks untuk Kecantikan Kulit

3. Teh chamomile

Teh chamomile

Menenangkan dan menyejukkan, teh chamomile adalah pilihan terbaik untuk mengurangi kemerahan. Teh chamomile dapat bertindak sebagai anti-inflamasi serta menghambat peradangan jerawat dan rosacea.

Secara internal, teh chamomile mampu membantu mengurangi stres dan mengatasi kurang tidur yang mana stres dan kurang tidur bisa merugikan kulit termasuk memperburuk kondisi jerawat.

Ketika digunakan dalam produk perawatan kulit topikal, teh chamomile dapat membantu menenangkan dan menyejukkan kulit yang berjerawat.

4. Teh hibiscus

Teh Hibiscus

Teh hibiscus atau teh kembang sepatu menyimpan beragam manfaat yang bagus untuk kulit mulai dari meningkatkan kolagen dan elastin, menyeimbangkan produksi minyak, hingga mengurangi jerawat.

Kaya akan antioksidan termasuk vitamin C dan beta karoten, teh hibiscus dapat membantu proses regenerasi kulit.

Selain itu, teh hibiscus juga mengandung malic acid dan citric acid yang dapat mengeksfoliasi kulit secara lembut sekaligus mencerahkannya.

Itulah 4 teh yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat secara alami. Tertarik mencoba salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News