HOME, Santai

Sleep Hacks, Ini Dia Tips untuk Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam

Sleep Hacks, Ini Dia Tips untuk Bisa Tidur Nyenyak Saat Malam

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Salah satunya adalah dengan memiliki rutinitas yang dapat dilakukan sebelum tidur. 

Memiliki kualitas tidur yang baik lebih dibutuhkan ketimbang kwantitinya. Namun sangat disarankan untuk memiliki jam tidur paling tidak 8 jam dalam sehari.

Untuk menciptakan tidur dengan kualitas yang baik dan nyenyak, beberapa tips tidur ini dapat Anda lakukan dan digunakan untuk menjadi rutinitas malam Anda sebelum tidur.

Baca Juga: Panic Attack VS Anxiety Attack, Apa Sih Bedanya?

Jauhi makan makanan berat

Menjauhi makanan berat sebelum tidur dapat membantu Anda memiliki kualitas tidur yang baik. Karena tubuh Anda akan memiliki fokus untuk tidur daripada memproses makanan dalam tubuh.

Selain itu, menjauhi makanan berat juga berguna dalam menciptakan kondisi tubuh yang baik sebelum tidur. Jika merasa lapar pastikan agar makanan yang Anda makan tidak terlalu berat. Memakan buah atau sayur sebelum makan bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Jauhi bermain smart phone

Kegiatan bermain smart phone sebelum tidur dapat mengakibatkan syndrome yang disebut dengan Delayed Sleep Phase Syndrome. Syndrome ini adalah syndrome penundaan waktu tidur selama satu hingga dua jam atau lebih. Yang menyebabkan kualitas tidur menjadi terganggu.

Di samping itu, bermain smart phone sebelum tidur juga akan membuat pikiran Anda menjadi tidak siap tidur. Sehingga otak akan bekerja kembali daripada bersiap untuk tidur.

Baca Juga: Berbeda dengan Insomnia, Apa Itu Delayed Sleep Phase Syndrome? cv

Lakukan peregangan ringan

Melakukan peregangan ringan sebelum tidur akan membantu tubuh untuk merasa lebih rileks. Selain itu tubuh juga akan terasa lebih ringan dan siap untuk tidur. Dengan melakukan peregangan ringan ini, maka tubuh Anda akan terhindar dari salah posisi atau cedera yang terjadi saat tidur.

Peregangan ringan seperti yoga dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai kegiatan peregangan ringan ini sebelum tidur.

Menciptakan suasana tidur yang nyaman

Suasana tidur yang nyaman bisa menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Membersihkan tempat tidur, menggunakan sprei yang nyaman, dan menciptakan situasi tempat tidur yang bersih adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aromatherapy pada ruangan Anda untuk menambah kesan nyaman dan tenang. Sehingga tidur Anda bisa memiliki kualitas yang baik dan tentu saja menjadi rileks.

Selanjutnya: Kumpulan Nama Anak Laki-Laki dari Bahasa Jawa Beserta Artinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News