ads

Skincare Tidak Cocok, Inilah 5 Tandanya yang Perlu Anda Tahu

Reporter: Ana Risma
Jumat, 05 Agustus 2022 | 21:50 WIB
Skincare Tidak Cocok, Inilah 5 Tandanya yang Perlu Anda Tahu


MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasa bahwa kulit wajah Anda begitu-begitu saja atau justru semakin parah kondisinya setelah dipakaikan skincare tertentu?

Jika demikian, kemungkinan besar skincare yang sedang Anda gunakan tidak bekerja pada kulit Anda.

Supaya tidak memperparah permasalahan pada kulit Anda, simak 5 tanda skincare tidak cocok di bawah ini yang sudah MomsMoney rangkum dari BeBeautiful.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sleeping Mask untuk Kulit Berjerawat

1. Jerawat semakin banyak

Salah satu tujuan penggunaan skincare pastilah untuk menghempaskan jerawat dan membuat wajah mulus kembali. Ketika Anda sudah menggunakan skincare tertentu selama berminggu-minggu namun jerawat tak kunjung hilang atau malah semakin banyak, itu tandanya skincare yang Anda gunakan tidaklah cocok untuk kulit Anda.

Jerawat yang Anda alami akibat penggunaan skincare bisa disebabkan oleh kinerja skincare yang tidak optimal dalam menghilangkan kotoran dan sebum berlebih pada kulit Anda.

Bagi para pemilik kulit berminyak dan acne prone, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih skincare yang mengandung bahan-bahan yang telah terbukti mampu menangkal jerawat seperti salicylic acid. Selain itu, pilihlah skincare yang memiliki formula bebas minyak dan non-comedogenic, serta jangan lupa untuk menggunakan pelembab.

2. Kulit teriritasi

Apabila kulit Anda terasa gatal atau iritasi sehabis menggunakan skincare, kemungkinan hal itu merupakan reaksi negatif dari produk yang Anda gunakan.

Jika Anda kebingungan dalam menentukan skincare mana yang menjadi penyebab kulit Anda iritasi, maka Anda bisa menghentikan sejenak rutinitas skincare yang biasa Anda lakukan. Di tengah masa jeda tersebut, gunakanlah cleanser dan pelembab yang lembut sebagai gantinya. Setelah seminggu, gunakanlah kembali skincare Anda satu persatu setiap beberapa hari sampai Anda menemukan penyebab iritasi pada kulit Anda.

Bagi Anda para pemilik kulit sensitif, pastikan untuk selalu melakukan uji tempel sebelum menggunakan skincare baru.

3. Kulit terasa kencang setelah dibersihkan

Sensasi kesat dan tertarik mungkin menjadi pertanda bahwa kondisi kulit wajah Anda sudah benar-benar bersih. Padahal, tidak demikian.

Kulit wajah yang terasa begitu kekeringan setelah dibersihkan menunjukkan bahwa kulit Anda telah kehilangan minyak alaminya serta telah terganggu skin barriernya.

Ketika hal itu terjadi, maka rutinitas skincare Anda lainnya juga akan ikut terpengaruh sehingga hasil perawatan yang Anda harapkan bisa jadi tidak maksimal.

Baca Juga: Pahami 3 Manfaat Glycerin yang Sering Dipakai dalam Produk Kecantikan

4. Kulit terlihat sangat merah

Kemerahan ekstra dan benjolan kecil pada kulit wajah menjadi salah satu tanda skincare yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik.

Untuk memerangi kemerahan, Anda bisa menyertakan produk anti-inflamasi yang beredar di pasaran ke dalam skincare routine Anda. Pastikan juga untuk berhenti menggunakan skincare yang menyebabkan kemerahan pada kulit wajah Anda.

5. Tidak ada peningkatan

Tanda terakhir yang menunjukkan skincare tidak cocok dan harus segera Anda hentikan penggunaannya ialah tidak adanya peningkatan.

Pada dasarnya, hasil skincare memang tidak bisa dilihat dalam waktu semalam. Kendati demikian, Anda harus mempertanyakan kemanjuran skincare yang Anda gunakan ketika Anda tidak menjumpai perubahan setelah menggunakannya secara konsisten selama berbulan-bulan.

Produk anti-aging dan anti-hiperpigmentasi cenderung memakan waktu lebih lama untuk terlihat hasilnya yakni setidaknya 6 minggu. Untuk produk jerawat, biasanya Anda sudah bisa melihat hasilnya dalam beberapa minggu. Sementara itu, produk pelembab sudah bisa memperbaiki kondisi kulit Anda dalam beberapa hari saja.

Nah, setelah mengetahui tanda-tanda di atas, sebaiknya Anda segera menghentikan penggunaan skincare yang tidak cocok ya Moms. Di sisi lain, Anda tidak boleh buru-buru menghentikan penggunaan skincare hanya karena belum terlihat hasilnya dalam beberapa hari. Karena, skincare juga membutuhkan proses untuk menampakkan hasil yang dijanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER