CLOSE [X]
ads

Pahami 3 Manfaat Glycerin yang Sering Dipakai dalam Produk Kecantikan

Reporter: Rizka Noveliana
Selasa, 02 Agustus 2022 | 12:28 WIB
Pahami 3 Manfaat Glycerin yang Sering Dipakai dalam Produk Kecantikan

ILUSTRASI. Pahami 3 Manfaat Glycerin yang Sering Dipakai dalam Produk Kecantikan


MOMSMONEY.ID - Glycerin salah satu bahan aktif yang populer karena sering dipakai dalam produk-produk kecantikan. Mulai dari perawatan kulit hingga rambut, glyerin termasuk di dalamnya. Glycerin sendiri adalah kandungan yang berasal dari bahan-bahan alami seperti minyak nabati atau lemak hewani.

Agar lebih mengenal bahan ini, berikut manfaat glycerin di dalam produk kecantikan yang perlu Anda tahu dikutip dari laman blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Melembabkan Kulit

Manfaat pertama glycerin yaitu mampu melembabkan kulit secara efektif. Glycerin mengandung humefektan yang berfungsi untuk merawat serta mengembalikan kelembapan kulit khususnya wajah secara merata.

Kandungan glycerin di dalam produk kecantikan mampu mengoptimalkan kemampuan kulit untuk menyerap kadar air lebih banyak. Oleh sebab itu, glycerin dapat membantu melembapkan kulit sekaligus membantu mengatasi kulit kering dan kasar.

Glycerin juga mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB yang mengakibatkan kulit terbakar dan berubah warna. Kemudian, glycerin bisa menjadi proteksi tambahan bagi kulit untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Sifat humefektan pada glycerin juga mampu menjaga, menahan, dan mengunci kelembapan pada kulit agar bertahan lebih lama.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare yang Tidak Boleh Digabung dengan AHA BHA

2. Mengatasi Masalah Kulit

Selain melembabkan, glycerin juga mampu mengatasi masalah kulit. Glycerin bisa dimanfaatkan untuk memperlambat proses penuaan dini. Proses penuaan pada kulit seperti munculnya garis halus, kerutan, dan flek-flek noda hitam.

Flek atau noda hitam termasuk masalah kulit yang dialami banyak orang. Flek hitam membentuk bintik berwarna hitam dan terlihat sangat mencolok. Sehingga, glycerin berfungsi sebagai peredam dan menjadikan bintik hitam pada wajah tersamarkan.

Sifat antibakteri pada glycerin mampu membantu mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, glycerin juga mempercepat proses pematangan sel sehingga membantu mempercepat proses pemulihan kulit.

Antibakteri ini akan membantu proses pengelupasan dan pematangan sel-sel kulit sehingga sel kulit mati akan lebih cepat terangkat. Setelah terangkatnya sel kulit mati pada kulit wajah, kulit akan terhindar dari jerawat dan risiko peradangan kulit. 

3. Merawat Kesehatan Rambut

Glycerin juga dimanfaat untuk bahan produk perawatan kesehatan rambut. Glycerin mampu melembapkan rambut dan kulit kepala, mengurangi rasa gatal pada rambut, hingga mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Jika Anda memiliki masalah ketombe atau rambut bercabang, glycerin merupakan salah satu kandungan yang mampu mengatasi kedua masalah rambut tersebut.

Hal ini disebabkan oleh kandungan glycerin yang mampu melembapkan sekaligus memberikan nutrisi. Wajar saja jika produk sampo rambut sering menggunakan glycerin sebagai bahan pembuatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER