HOME, Keluarga

Simpel dan Natural, Berikut Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Coklat

Simpel dan Natural, Berikut Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Coklat

MOMSMONEY.ID - Warna coklat adalah salah satu warna netral yang banyak ditemukan di alam, seperti batang pohon hingga tanah.

Oleh karena itu, warna coklat mampu mendatangkan kesan natural dan membumi pada interior rumah Anda. Tidak hanya itu, warna coklat juga akan memberi kesan hangat yang membuat Anda makin nyaman berada di rumah.

Warna ini bisa hadir dari mana saja, mulai dari dinding hingga pernak-pernik rumah. Jadi, Anda tak harus menggunakan cat dinding untuk menghadirkan warna coklat di rumah.

Baca Juga: Suka Warna Pink? Ini Tips Menggunakannya di Dekorasi Rumah

Nah, jika Anda tertarik mempercantik rumah dengan warna coklat, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Kenali variasi warna coklat yang digunakan

Mengutip Decoist, warna coklat memiliki banyak sekali variasi warna yang bisa dipilih. Ada warna coklat terang, coklat keabu-abuan, coklat kemerahan, hingga coklat gelap.

Anda perlu mengenali variasi-variasi warna coklat tersebut, khususnya jika Anda ingin menggunakan warna coklat sebagai warna cat dinding. Pasalnya, warna coklat yang berbeda akan menghasilkan kesan yang berbeda pula.

Misalnya, jika Anda ingin menghadirkan kesan lapang dan lega, gunakan warna coklat muda. Atau, gunakan warna coklat kemerahan atau coklat gelap untuk kesan yang lebih mewah.

Gunakan sebagai warna dasar

Jika Anda menginginkan interior ruangan dengan warna netral tapi bosan dengan warna putih yang bersih, warna coklat bisa menjadi alternatifnya.

Dikutip dari hgtv.com, warna coklat yang netral dapat berfungsi sebagai penyeimbang atau backdrop bagi pernak-pernik atau furnitur rumah yang berwarna mencolok dan kontras, misalnya hijau limau, oranye, atau kuning.

Baca Juga: Tidak Membosankan, Ini 4 Tips Dekorasi Rumah dengan Warna Abu-Abu

Kombinasikan dengan warna lain

Supaya warna coklat tidak terlihat membosankan di suatu ruangan, Anda bisa mengombinasikannya dengan warna-warna lain.

Warna coklat termasuk warna yang netral, sehingga sangat mudah dikombinasikan dengan warna lainnya tanpa perlu khawatir terlihat berlebihan.

Berikut beberapa contoh kombinasi warna coklat yang bisa Anda coba:

  • Gunakan furnitur kayu berwarna coklat pada ruangan berwarna biru gelap untuk kesan intim dan nyaman.
  • Kombinasikan sofa berwarna coklat muda dan kuning di ruangan berwarna putih untuk kesan kontemporer yang cerah.
  • Gabungkan warna putih dengan coklat untuk kesan simpel.
  • Gabungkan warna hijau gelap atau hijau mint dengan coklat untuk kesan segar dan natural.

Baca Juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Merah yang Penuh Energi

Padukan berbagai jenis warna coklat

Selain mengombinasikan warna coklat dengan warna lain, Anda juga bisa mengombinasikan berbagai jenis warna coklat di satu ruangan yang sama, lo.

Dilansir dari Houzz, Anda bisa menggunakan furnitur kayu hingga sofa berlapis kulit dengan warna coklat yang berbeda-beda, misalnya warna coklat tua dengan coklat muda.

Supaya tetap enak dipandang, sebaiknya Anda menggunakan warna coklat dengan tone yang sama, seperti menggunakan warna-warna coklat yang terlihat hangat. Selain itu, gunakan warna coklat krem yang cerah atau warna putih sebagai warna dasar pada dinding ruangan.

Itulah tips untuk mendekorasi rumah dengan warna coklat. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News