HOME, Keluarga

Simak, Ini Dia Plus Minus Rumah dengan 2 Lantai

Simak, Ini Dia Plus Minus Rumah dengan 2 Lantai

MOMSMONEY.ID - Tipe-tipe rumah tidak hanya dibagi berdasarkan luasnya, tapi terkadang juga dibedakan berdasarkan jumlah lantai yang dimilikinya.

Umumnya, kita mengenal tipe rumah dengan 1 lantai dan rumah dengan 2 lantai. Keduanya sama-sama nyaman ditinggali dan memiliki peminatnya tersendiri.

Bila dibandingkan, rumah dengan 2 lantai umumnya dipilih karena menawarkan tambahan area di dalamnya, sehingga cocok untuk keluarga yang memiliki banyak anggota. Selain itu, masih ada lagi kelebihan rumah 2 lantai yang membuatnya pantas diminati.

Namun, di sisi lain, rumah dengan 2 lantai juga memiliki kekurangan yang perlu dijadikan pertimbangan sehingga Anda tak boleh asal memilih jenis rumah ini sebagai hunian sekeluarga.

Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan rumah dengan 2 lantai? Dilansir dari Schumacher Homes, Realtor, dan Harmony Living, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mendekorasi Dinding Rumah Tanpa Paku dan Lakban, Begini Caranya!

Kelebihan Rumah 2 Lantai

Lebih banyak privasi

Salah satu kelebihan rumah dengan 2 lantai adalah privasi yang lebih terjamin.

Pasalnya, dengan 2 lantai yang terpisah, Anda dan anggota keluarga lainnya bisa melakukan aktivitas tertentu di dua lantai yang berbeda tanpa terasa terganggu.

Pemandangan di luar rumah

Anda ingin melihat pemandangan di sekitar rumah dengan lebih leluasa? Jika ya, maka rumah dengan 2 lantai bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, rumah dengan 2 lantai biasanya dilengkap dengan balkon atau rooftop yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan dan udara segar.

Lebih banyak ruangan

Bagi Anda yang memiliki banyak anak, pasti pernah merasakan sulitnya membagi rumah untuk anggota keluarga. Apalagi, anak-anak cenderung akan meminta kamar sendiri bila sudah tumbuh besar.

Rumah dengan 2 lantai pun bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan ruangan tambahan untuk anggota keluarga. Sebagai bonus, rumah dengan 2 lantai tidak akan memakan banyak lahan seperti rumah 1 lantai sehingga Anda tak harus mengorbankan luas tanah.

Banyak cahaya alami dan sirkulasi udara

Rumah dengan 2 lantai biasanya akan lebih mudah mendapatkan akses pada cahaya alami, terutama ruangan-ruangan di lantai atas. Selain dapat menyehatkan penghuni rumah, pencahayaan alami akan membuat interior rumah terlihat cantik.

Sebagai tambahan, rumah dengan 2 lantai juga akan melancarkan sirkulasi udara di rumah karena udara bisa masuk dari lantai atas dan bawah sekaligus. Udara di rumah pun akan terasa lebih segar.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Rumah dengan 1 Lantai, Yuk Pahami!

Kekurangan Rumah 2 Lantai

Biayanya cenderung mahal

Bagi sebagian orang, salah satu alasan mengapa mereka tidak memilih tinggal di rumah 2 lantai adalah biayanya yang cenderung mahal, baik biaya pembelian, pembangunan, maupun perawatan.

Jika dibandingkan, rumah dengan 2 lantai memang membutuhkan biaya pembangunan yang lebih tinggi, sehingga harganya ikut tinggi. Selain itu, biaya-biaya utilities seperti listrik dan air juga cenderung lebih besar karena memiliki lebih banyak ruangan.

Baca Juga: Simak, Ini 4 Hal yang Bisa Menyebabkan Kamar Mandi Terasa Suram

Berbahaya untuk anak kecil atau orang tua

Jika Anda tinggal bersama anak kecil atau lansia di dalam rumah, Anda perlu berhati-hati saat akan menempati rumah dengan 2 lantai.

Pasalnya, rumah dengan 2 lantai dapat menjadi sumber bahaya ketika anak atau lansia tidak sengaja terjatuh dari lantai atas.

Butuh usaha lebih untuk dibersihkan

Rumah dengan 2 lantai artinya memiliki dua lantai yang harus dibersihkan.

Hal ini akan membuat Anda harus mengeluarkan usaha dan tenaga ekstra untuk membersihkan rumah, termasuk harus bolak-balik naik-turun tangga. Tentu saja, Anda akan cepat lelah saat membersihkan rumah 2 lantai dibandingkan 1 lantai.

Itulah kelebihan dan kekurangan rumah dengan 2 lantai yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News