HOME, Keluarga

Mendekorasi Dinding Rumah Tanpa Paku dan Lakban, Begini Caranya!

Mendekorasi Dinding Rumah Tanpa Paku dan Lakban, Begini Caranya!

MOMSMONEY.ID - Bagi mereka yang tinggal di rumah sewaan seperti kos dan apartemen (plus kontrakan), salah satu masalah yang kerap dihadapi adalah interior ruangan yang tidak bisa didekorasi sesuka hati. Biasanya, pembatasan tersebut berlaku untuk dekorasi dinding, di mana penyewanya tidak boleh menempelkan lakban atau memaku dinding.

Wajar, sebab lakban dan paku biasanya akan meninggalkan bekas yang permanen, sehingga mengurangi tampilan dinding.

Nah, jika Anda ingin mendekorasi dinding rumah, tapi tidak ingin merusak dinding dengan paku dan lakban, jangan khawatir. Sebab, ada beberapa trik yang bisa digunakan supaya dinding rumah tetap tampil cantik dengan berbagai hiasan dan dekorasi.

Yuk, simak cara di bawah ini!

Sandarkan ke dinding

Dilansir dari House Beautiful, menyandarkan hiasan seperti pigura foto atau artwork ke dinding merupakan salah satu cara termudah untuk mendekorasi dinding tanpa menggunakan paku atau lakban.

Cara ini bisa dilakukan jika Anda memiliki meja konsol atau kabinet dengan ketinggian yang tidak terlalu rendah atau tinggi. Letakkan pigura foto atau artwork dengan berbagai ukuran yang ingin dipajang di atasnya, lalu sandarkan ke dinding.

Bahkan, jika Anda memiliki pigura atau cermin berukuran besar, coba letakkan di lantai dan sandarkan ke dinding untuk kesan kasual.

Baca Juga: 5 Masalah yang Umum Terjadi di Dapur, Apa Saja?

Gunakan adhesive hook

Adhesive hook atau command hook merupakan jenis gantungan yang bisa ditempelkan di dinding tanpa meninggalkan bekas layaknya lakban. Oleh karena itu, benda kecil ini bisa digunakan untuk menggantung hiasan di dinding.

Sebagai catatan, perhatikan bobot hiasan yang ingin digantungkan ke adhesive hook tersebut. Sebab, tidak semua adhesive hook kuat menahan beban yang berat sehingga hiasan Anda tidak bisa tergantung dengan sempurna.

Gunakan masking tape

Jika Anda suka melukis dan membuat jurnal, mungkin Anda akrab dengan masking tape atau washi tape. Berbeda dengan lakban atau selotip biasa, jenis selotip yang satu ini tidak akan meninggalkan bekas ketika dicopot.

Baca Juga: Saat Mendekorasi Rumah Bergaya Minimalis, Hindari Hal-Hal Ini!

Jadi, masking tape atau washi tape cocok untuk menempelkan foto atau poster di dinding. Pilihlah washi tape dengan motif yang cocok dengan interior rumah Anda supaya terlihat serasi.

Manfaatkan furnitur

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan furnitur seperti rak buku untuk memajang hiasan dinding. Mengutip laman Food52, coba kosongkan area tertentu di rak buku, lalu letakkan hiasan dinding yang ingin dipajang di sana.

Jika punya benda-benda yang tak terpakai di dalam rak buku, cara ini bisa menjadi ide kreatif untuk memberi sedikit sentuhan makeover pada rak buku di rumah.

Itulah beberapa cara untuk mendekorasi dinding rumah tanpa paku dan lakban. Semoga tips di atas bermanfaat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News