HOME, Keluarga

5 Masalah yang Umum Terjadi di Dapur, Apa Saja?

5 Masalah yang Umum Terjadi di Dapur, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Dapur adalah salah satu area yang kerap digunakan oleh penghuni rumah untuk menyiapkan makanan bagi seluruh anggota keluarga. Selain itu, dapur juga kadang dipakai untuk menjalani hobi memasak.

Karena sering dipakai, kadang ada saja masalah yang terjadi di dalam dapur. Jika dibiarkan, masalah ini bisa mengganggu penampilan dapur dan mengurangi kenyamanan penghuni rumah saat beraktivitas di dalamnya.

Kira-kira, apa saja masalah yang umum ditemukan atau terjadi di dalam dapur? Merangkum penjelasan dari Architecture Digest dan HomeTriangle, berikut penjelasannya.

Bau tidak sedap

Bau tidak sedap merupakan hal yang dapat mengganggu kenyamanan Anda saat memasak di dapur. Penyebabnya beragam, mulai dari sampah yang menumpuk, wastafel yang tersumbat, hingga sisa bau makanan yang mengendap di dapur.

Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan dapur dan membuang sampah, lalu membersihkan wastafel yang mampet bila dibutuhkan. Gunakan bahan dapur seperti cuka, baking soda, atau lemon untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

Baca Juga: Mencari Pengharum Ruangan Alami? Gunakan Bahan-Bahan Dapur Ini!

Keterbatasan area meja

Pernahkah Anda merasa sulit bergerak di dapur karena terlalu banyak barang yang menumpuk di sana-sini? Jika ya, coba luangkan waktu untuk “membuka” area meja di dapur dengan cara menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai.

Kuncinya, sediakan tempat penyimpanan atau storage untuk menyimpan perlengkapan dapur yang sedang tidak digunakan. Jika dapur di rumah tergolong sempit, coba manfaatkan penyimpanan secara vertikal (misalnya rak gantung) untuk menghemat ruangan.

Ventilasi buruk

Asap, api, dan berbagai bau kerap dihasilkan dari dapur sehingga area yang satu ini membutuhkan ventilasi atau sirkulasi udara yang baik.

Untuk melancarkan sirkulasi udara di dapur, pastikan Anda membuka jendela dan pintu lebar-lebar setiap kali memasak. Sebagai tambahan, tak ada salahnya memasang exhaust fan di dapur.

Baca Juga: Penyebab Lantai Tetap Terasa Kotor Setelah Dipel, Ternyata Sepele!

Permukaan dapur berminyak

Selain asap dan bau, sisa-sisa lemak dan minyak dari makanan juga dapat menempel di berbagai permukaan dapur, sehingga membuat dapur terasa lengket dan kurang nyaman.

Solusinya, bersihkan dapur dengan cairan pembersih serbaguna. Atau, Anda bisa menyemprotkan cuka pada permukaan yang berminyak tersebut, lalu lap dengan kain kering yang bersih.

Pencahayaan yang minim

Selain sirkulasi udara yang minim, pencahayaan yang minim juga bisa berdampak pada kesehatan dan kenyamanan Anda di dapur.

Jika di dapur Anda minim pencahayaan alami, pastikan ada lampu yang cukup terang sehingga Anda bisa melihat sekeliling dengan jelas. Hindari lampu yang terlalu redup atau terlalu terang supaya pandangan tetap nyaman.

Itulah beberapa masalah yang umum terjadi di dapur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News