HOME, Keluarga

Simak, Ini 4 Hal yang Bisa Menyebabkan Kamar Mandi Terasa Suram

Simak, Ini 4 Hal yang Bisa Menyebabkan Kamar Mandi Terasa Suram

MOMSMONEY.ID - Disadari atau tidak, tingkat kecerahan atau pencahayaan di kamar mandi dapat berpengaruh pada suasana hati dan kesehatan penghuni rumah, lo.

Sama seperti ruangan lainnya di rumah, kamar mandi juga butuh suasana yang cerah supaya penghuni rumah merasa senang dan nyaman saat beraktivitas di dalamnya.

Namun, adakalanya kamar mandi terasa suram dan sumpek, sehingga mengurangi kenyamanan tersebut. Selain itu, kamar mandi yang suram juga berpotensi membuat kamar mandi makin lembap dan pengap yang memicu kemunculan jamur.

Nah, supaya kamar mandi tidak terasa suram, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa saja penyebab kesan suram tersebut. Dirangkum dari Decoist dan Apartment Therapy, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Penyebab Lantai Tetap Terasa Kotor Setelah Dipel, Ternyata Sepele!

Warna kamar mandi yang gelap

Kamar mandi yang berwarna gelap memang terlihat menarik, tapi rawan menciptakan kesan suram dan sempit.

Pasalnya, warna gelap memiliki sifat menyerap cahaya, bukannya memantulkan dan menyebarkan cahaya layaknya warna cerah. Hasilnya, ruangan yang didominasi warna gelap akan terasa lebih suram dan kecil.  

Kurang pencahayaan alami

Pencahayaan merupakan kunci untuk menciptakan kamar mandi yang terasa cerah dan lapang. Oleh karena itu, suatu kamar mandi sebaiknya memiliki pencahayaan alami yang cukup.

Kekurangan pencahayaan alami di kamar mandi bisa disebabkan oleh minimnya akses ke sinar matahari maupun ketiadaan jendela. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang lampu dengan cahaya yang terang, tapi tidak terlalu menyilaukan.

Baca Juga: Tips Mendesain Dapur yang Aman, Tak Perlu Khawatir Terluka!

Terlalu banyak barang di kamar mandi

Kamar mandi biasanya dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang bisa membantu menghidupkan suasana.

Namun, Anda harus berhati-hati karena terlalu banyak aksesoris dan pernak-pernik justru akan membuat kamar mandi terasa suram dan sesak. Solusinya, hindari meletakkan terlalu banyak barang di kamar mandi dan manfaatkan berbagai tempat penyimpanan untuk meletakkan pernak-pernik kamar mandi.

Ukuran kamar mandi yang kecil

Kamar mandi yang berukuran kecil umumnya akan terasa lebih gelap dibandingkan kamar mandi besar. Sebab, keterbatasan luas pada kamar mandi kecil akan memberikan kesan yang lebih sempit dan suram.

Nah, untuk mengakali masalah tersebut, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan di dalam kamar mandi dengan cara menambahkan beragam lampu, menggunakan warna terang, hingga menambahkan permukaan reflektif seperti cermin yang bisa memantulkan cahaya dan membuat kamar mandi terasa lebih luas.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan kamar mandi terasa suram. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News