Bugar

Simak 4 Manfaat Garam Himalaya untuk Tubuh yang Perlu Anda Tahu

Simak 4 Manfaat Garam Himalaya untuk Tubuh yang Perlu Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Menarik dicoba, kenali manfaat garam himalaya untuk tubuh di sini. Garam himalaya memiliki warna merah muda dan dipercaya memberikan manfaat baik untuk kesehatan. 

Garam himalaya memang tidak jauh berbeda dari garam biasa, tetapi kandungan nutrisi di dalamnya lebih beragam dan kaya. 

Jika Anda tertarik, berikut empat manfaat garam himalaya untuk tubuh dilansir dari blog.avoskinbeauty.com: 

Baca Juga: Parenting Islami, Ini 7 Tips Menerapkannya Pada Anak

1. Mempertahankan hidarasi tubuh

Pertama, manfaat garam himalaya untuk tubuh adalah mempertahankan hidrasi tubuh. Tubuh orang dewasa mengandung sekitar 65 persen air dan garam elektrolit untuk menjaga hidrasi tubuh.

Kegunaan garam himalaya ini dapat membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan. Tidak heran, setelah olahraga kita disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, garam himalaya juga membantu memperlancar komunikasi sinyal saraf dan fungsi otot-otot tubuh. Dengan mengonsumsi natrium dalam jumlah yang tepat, Anda bisa mencegah kram otot dan masalah otot lainnya.

Minum air dicampur dengan garam himalaya kaya elektrolit setelah berolahraga juga membantu mendapatkan kembali energi dan hidrasi tubuh.

2. Membuat tidur lebih berkualitas

Manfaat garam himalaya untuk tubuh selanjutnya adalah membuat tidur lebih berkualitas. Semua jenis garam memiliki kandungan natrium klorida di dalamnya termasuk garam himalaya.

Jika Anda memutuskan untuk mengurangi asupannya dengan diet rendah garam, ada kemungkinan besar Anda akan mengalami kesulitan tidur.

Garam himalaya disarankan untuk dikonsumsi karena bisa membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hal ini juga yang menyebabkan garam himalaya lebih baik dibandingkan garam dapur biasa.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Kulit Kering dengan Benar, Tidak Sulit!

3. Menyeimbangkan pH tubuh

Berikutnya, garam himalaya bisa menyeimbangkan pH tubuh. Natrium dapat menetralkan asam dalam tubuh sehingga membantu menyeimbangkan pH tubuh. Jadi, konsumsi garam himalaya bisa memberikan pH yang seimbang.

Garam himalaya juga cocok dikonsumsi oleh pasien yang sedang dalam masa pemulihan karena garam ini dapat membantu meningkatkan sistem imunitas.

Dengan menyeimbangkan pH tubuh, Hal ini juga mencegah menurunnya kekebalan tubuh, hilangnya kepadatan tulang, dan batu ginjal.

Garam himalaya juga bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan karena dapat digunakan sebagai antasida. Walaupun begitu, Anda tetap harus memperhatikan batas maksimal makan garam harian untuk menjaga tekanan darah.

4. Melengkapi kebutuhan mineral tubuh

Manfaat garam himalayan untuk tubuh lainnya adalah melengkapi kebutuhan mineral tubuh. Garam himalaya lebih unggul karena mengandung banyak sekali mineral yang berbeda-beda, yakni sekitar 80 mineral.

Sebesar 97% garam himalaya terdiri dari natrium klorida dan 3% sisanya adalah mineral lain dalam konsentrasi kecil.

Kandungan zat besi dalam garam himalaya ini terlalu tinggi dan menyebabkan warnanya menjadi pink, garam ini juga mengandung mineral magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, yodium, seng, selenium, tembaga, dan masih banyak lagi.

Mineral-mineral dalam garam ini bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

Meskipun kandungan mineral sudah tinggi, Anda perlu mendapatkan asupan mineral dari makanan lain karena kandungan mineral pada garam himalaya masih belum mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Jadi, itulah beberapa manfaat garam himalaya untuk tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News