Bugar

Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Kulit Kering dengan Benar, Tidak Sulit!

Kenali Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Kulit Kering dengan Benar, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak nyaman, kenali ciri-ciri dan cara mencegah kulit kering dengan benar di sini. Kulit kering lebih rentan mengalami luka dan infeksi, kemudian kulit kering juga membuat seseorang merasa tidak percaya diri. 

Sebelum merawat kulit kering, ada baiknya Anda perlu mengetahui ciri-ciri seseorang mengalami kulit kering, yaitu:

  • Mudah bersisik
  • Jika sudah parah, kulit bisa mengelupas
  • Kulit badan yang kering biasanya terlihat garis-garis putih
  • Pada wajah, kulit akan terasa kencang dan seperti tertarik

Kemudian, Anda bisa mencoba beberapa cara mencegah kulit kering di rumah. Simak penjelasannya di bawah ini dilansir dari thebodyshop.co.id

Baca Juga: Manfaatkan Promo Tiket.com sampai 21 Mei 2023 dengan Diskon Hotel Domestik 30%

1. Hindari Mandi dengan Air Terlalu Panas

Pertama, Anda harus hindari mandi dengan air terlalu panas. Walaupun mandi air hangat bermanfaat untuk tubuh, namun mandi air hangat juga bisa menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Oleh karena itu, batasi mandi air hangat sekitar 5–10 menit saja.

Setelah selesai mandi, keringkan tubuh menggunakan handuk berbahan lembut dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan. Hindari menggosok handuk terlalu keras pada kulit, karena bisa membuat kulit semakin kering.

2. Gunakan Sabun Wajah Berbahan Alami dan Lembut

Cara mencegah kulit kering berikutnya adalah gunakan sabun wajah berbahan alami dan lembut. Bila Anda mengalami kulit kering, hindari menggunakan sabun pencuci wajah atau produk perawatan kulit lain yang berbahan keras, seperti yang mengandung parfum dan alkohol.

Hal ini karena kandungan kimia di dalam produk tersebut bisa membuat kulit rusak dan iritasi, sehingga kulit menjadi mudah kering. Pilihlah sabun berbahan lembut (mild soap) dari bahan-bahan alami.

Baca Juga: Simak 5 Cara Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Wajah Tampil Bersih

3. Lindungi Kulit dari Udara Dingin

Kemudian, lindungi kulit kering dari udara dingin. Udara yang dingin dapat mengurangi kelembapan kulit dan membuatnya menjadi kering.

Oleh karena itu, lindungi kulit tubuh dari paparan udara dingin dengan menggunakan pakaian tertutup dan pelembap kulit.

4. Rutin Menggunakan Pelembap

Selalu gunakan pelembap pada kulit wajah dan badan. Hal ini karena pelembap berguna untuk menjaga kelembapan kulit dan senantiasa terhidrasi. Anda bisa memilih produk pelembap yang mengandung vitamin E dan vitamin C di dalamnya. 

5. Melakukan Perawatan di Malam Hari

Cara mencegah kulit kering lainnya adalah dengan melakukan perawatan di malam hari. Hal ini karena malam hari adalah waktunya organ tubuh termasuk kulit beristirahat dan meregenerasi sel kulit baru. Menggunakan overnight mask merupakan cara tepat yang ampuh untuk mencegah kulit kering. 

Seperti itulah ciri-ciri dan cara mencegah kulit kering yang benar. Anda perlu merawat kesehatan kulit kering dengan maksimal dan rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News