Bugar

Sering Kentut Saat Menstruasi? Ini Dia Penyebabnya

Sering Kentut Saat Menstruasi? Ini Dia Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Sering kentut saat menstruasi? Jika iya, normalkah kondisi tersebut? Ternyata, kondisi ini tidak terjadi pada setiap perempuan.  

Mengutip dari Cleveland Clinic, dalam tubuh setiap orang mengandung gas dan Anda perlu membuangnya melalui proses sendawa atau kentut.  

Begitu juga saat Anda dalam masa menstruasi, karena sebagian besar perempuan mengalami kembung. Hal ini mengakibatkan sering kentut saat menstruasi. 

Selain itu, dilansir dari Web MD, berikut ini penyebab sering kentut saat menstruasi yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Daftar Makanan untuk Melancarkan Menstruasi, Bisa Anda Coba

1. Struktur anatomi tubuh

Penyebab sering kentut saat menstruasi yang pertama adalah struktur anatomi tubuh. Meningkatnya frekuensi kentut saat menstruasi bisa disebabkan karena struktur anatomi tubuh.

Kondisi ini karena posisi rahim berada di depan usus dan usus besar. Akibatnya, perut menyimpan lebih banyak gas, sehingga wajar jika Anda sering kentut saat menstruasi.

2. Perubahan hormon

Penyebab sering kentut saat menstruasi yang kedua adalah perubahan hormon. Hormon estrogen berperan penting pada masa awal siklus menstruasi hingga ovulasi. 

Selama menstruasi, perubahan kedua hormon ini yang menyebabkan emosi menjadi tidak stabil. Hormon ini juga memengaruhi saluran gastrointestinal pada sistem pencernaan. 

Inilah mengapa ada beberapa perempuan yang mengalami sering kentut saat menstruasi karena berubahnya kadar progesteron dalam tubuhnya. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sering kentut saat menstruasi, yakni sebagai berikut. 

1. Minum banyak air untuk membantu melancarkan pencernan.

2. Menghindari minuman seperti susu atau yang mengandung soda.

3. Hindari makanan yang dapat membuat perut kembung seperti gorengan atau pedas.

4. Menahan keinginan untuk makan berlebihan atau lebih sering.

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt, asinan kubis, dan kimchi.

6. Jangan makan terlalu cepat karena ketika makan, minum, atau menelan ludah, secara tidak sadar Anda menelan udara masuk ke dalam tubuh.

Jika Anda merasa terganggu, coba beberapa cara di atas untuk menguranginya. Nah, jika Anda mengalami gejala lain ketika menstruasi, tanyakan langsung pada dokter. 

Itulah beberapa penyebab sering kentut saat menstruasi yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News