Bugar

Sederet Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

Sederet Manfaat Buncis untuk Kesehatan yang Tidak Diragukan Lagi

MOMSMONEY.ID - Manfaat buncis untuk kesehatan yang tidak diragukan lagi, sangat beragam, dan buncis aman dikonsumsi secara rutin.

Mulai dari harganya yang ekonomis, mudah didapat, rasanya enak, hingga dapat diolah dengan beragam cara, seperti ditumis, direbus, atau dikukus.

Manfaat buncis diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya. Buncis terkenal sebagai makanan sumber serat, folat, magnesium, dan vitamin C yang baik untuk tubuh. 

Dilansir dari Prevention and Treatment berikut sederet manfaat buncis untuk kesehatan yang tidak diragukan lagi, antara lain: 

Baca Juga: Sering Menggangu, Kenali 5 Macam Gangguan Menstruasi yang Harus Anda Waspadai

1. Memperkuat imunitas

Manfaat buncis untuk kesehatan yang pertama adalah memperkuat imunitas. Tentunya, manfaat ini dirasakan jika dikonsumsi dengan tepat.

Vitamin C pada buncis berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat buncis untuk kesehatan yang kedua bisa meningkatkan kesuburan wanita, seperti pada penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Harvard Medical School.

Buncis juga salah satu sayuran yang kaya zat besi. Jadi, jika Anda ingin cepat hamil, tambahkan buncis ke dalam menu makanan harian Anda.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Manfaat buncis untuk kesehatan yang ketiga bisa menyehatkan saluran pencernaan karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks.

Buncis juga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang diet, karena rendah kalori dan tidak berlemak, tetapi tinggi serat. 

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Lalapan, Inilah Sederet Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buncis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi. 

Kandungan seratnya juga bermanfaat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kadar kolesterol total. Hal ini tentu baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Memelihara kesehatan mata

Manfaat buncis untuk kesehatan yang terakhir adalah baik untuk memelihara kesehatan mata. Satu cangkir buncis mentah mengandung sekitar 15% nilai gizi harian vitamin A 

Itulah beberapa manfaat buncis untuk kesehatan yang tidak diragukan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News