Bugar

Daftar Makanan untuk Melancarkan Menstruasi, Bisa Anda Coba

Daftar Makanan untuk Melancarkan Menstruasi, Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Daftar makanan untuk melancarkan menstruasi ada beragam dan bisa Anda coba untuk merasakan manfaatnya.

Pasalnya, tidak semua perempuan menjalani menstruasi secara normal, seperti periode yang lancar dan tanpa masalah yang berarti seperti kram perut hingga mual dan muntah.  

Siklus menstruasi atau haid yang tidak lancar bisa menandakan banyak hal, seperti gangguan hormon hingga kesuburan.  

Namun, bersumber dari Women's Health, ada beberapa makanan untuk melancarkan menstruasi yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Kenali 10 Gejala Gangguan PCOS pada Perempuan

1. Sayuran hijau

Makanan untuk melancarkan menstruasi yang pertama adalah sayuran hijau. Sebab, kandunganan vitamin dalam sayuran hijau dipercaya bisa melancarkan haid. 

Selain dari suplemen, vitamin B juga bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus. 

2. Kacang almond

Makanan untuk melancarkan menstruasi yang kedua adalah kacang almond. Kacang almond menjadi camilan yang pas jika Anda ingin melancarkan menstruasi.

Laman Women's Health mengungkapkan, kedua jenis kacang ini kaya serat dan protein yang baik untuk melancarkan menstruasi dan meningkatkan kesuburan.  

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

3. Kacang kedelai

Makanan untuk melancarkan menstruasi yang ketiga adalah kacang kedelai. Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai untuk membantu melancarkan menstruasi.

Kedelai mempunyai kandungan yang kaya protein, vitamin, mineral, serta fitoestrogen berupa isoflavon. Kandungan isoflavon inilah yang dapat memengaruhi kadar estrogen. 

4. Buah nanas

Makanan untuk melancarkan menstruasi yang selanjutnya adalah nanas. Nanas menjadi buah dengan kandungan bromelain enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of the Pakistan Medical Association menunjukkan, bromelain membantu mengurangi peradangan. 

Ini artinya, nanas membantu memerangi penyebab terlambatnya menstruasi karena peradangan atau inflamasi.  

Baca Juga: Luar Biasa, Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

5. Ikan salmon

Makanan untuk melancarkan menstruasi yang kelima adalah ikan salmon. Lemak sehat dinilai dapat mendukung keseimbangan produksi hormon.

Selain salmon, sumber lemak sehat lainnya antara lain flaxseed, minyak sayur, dan kacang walnut. Tapi sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi Anda.

Itulah beberapa makanan untuk melancarkan menstruasi yang bisa Anda konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News