Bugar

5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

MOMSMONEY.ID - Cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi berikut ini bisa Anda lakukan secara rutin dan mejadikannya kebiasaan baik.

Menjaga kesehatan organ reproduksi adalah hal penting, terutama bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan.

Pasalnya, gangguan pada organ reproduksi bisa berakibat fatal. Salah satunya dapat memicu gangguan seksual hingga sulit untuk hamil.  

Kesehatan organ reproduksi juga berarti seseorang dapat memiliki kehidupan seksual yang aman, memuaskan, serta kemampuan untuk bereproduksi sesuai kehendaknya. 

Mengutip Women's Health, berikut beberapa cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Penyakit Kanker Serviks Sedari Dini

1. Berhenti merokok

Cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi yang pertama adalah mulai berhenti merokok. Sebatang rokok bisa menyebabkan kecanduan, kanker dan masalah pada jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat membahayakan ovarium, rahim, dan area lain dari sistem reproduksi wanita. 

2. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala

Cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi yang kedua adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. 

Lakukan pemeriksaan rutin, termasuk pap smear dan tes infeksi penyakit menular seks. Tujuannya untuk memastikan deteksi dini dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik.  

Baca Juga: Ini Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Pola Hidup Salah Satunya

3. Makanan sehat 

Cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi yang ketiga adalah makanan sehat. Mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu menjaga kesehatan organ reproduksi.

Wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, lemak sehat, antioksidan, serat, vitamin, dan mineral. 

4. Istirahat cukup dan kelola stres 

Cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi yang keempat adalah istirahat yang cukup dan kelola stres. Wanita dewasa disarankan untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malamnya. 

Baca Juga: Waspada, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

5. Melakukan seks dengan aman

Cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi yang terakhir adalah melakukan seks dengan aman. Seks yang aman penting untuk mencegah penyakit.

Beberapa PMS tidak dapat disembuhkan, termasuk HIV, dan penyakit ini dapat mengubah hidup secara permanen.

Sebelum melakukan hubungan seksual, Anda perlu tahu kesehatan pasangan dan gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit.  

Pola makan sehat, berat badan seimbang, olahraga dan tidur yang cukup adalah kebiasaan yang membantu sistem reproduksi tetap sehat.  

Itulah beberapa cara efektif menjaga kesehatan organ reproduksi yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News