Bugar

Waspada, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Waspada, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Gejala kolesterol tinggi yang wajib Anda ketahui ada beberapa macam sehingga bisa mengantisipasinya.

Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh makan-makanan yang tidak sehat. Contohnya, gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh.

Selain itu, obesitas dan jarang berolahraga juga bisa memicu kenaikan kolesterol yang berisiko serangan jantung atau stroke.  

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut. 

Melansir dari Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa gejala kolesterol tinggi yang wajib Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: 5 Manfaat Nangka untuk Kesehatan, Bisa Cegah Lonjakan Gula Darah

1. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Gejala kolesterol tinggi yang pertama adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan. Terkadang kaki juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika berjalan.

Kadar kolesterol yang berlebih dapat menyebabkan pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki Anda menyempit.

Hal ini menyebabkan aliran darah ke dalam jaringan tubuh semakin berkurang. Maka itu, aliran darah menuju ke beberapa bagian tubuh tidak memadai, salah satunya terjadi pada area kaki. 

2. Nyeri pada tengkuk

Gejala kolesterol tinggi yang kedua adalah nyeri pada tengkuk. Keluhan ini cukup sering dialami oleh orang yang mengalami kolesterol tinggi.

Hal ini dikaitkan dengan penumpukan plak di pembuluh darah pada leher. Penumpukan plak ini dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher dan menuju ke otak. 

Baca Juga: Kenali Penyebab Peredaran Darah Tidak Lancar pada Tubuh

3. Mudah kelelahan

Gejala kolesterol tinggi yang ketiga adalah mudah kelelahan. Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi.

Kondisi ini merupakan salah satu gejala yang mungkin Anda alami. Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup. 

4. Dada terasa nyeri

Gejala kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah dada terasa nyeri. Nyeri dada atau sering disebut sebagai angina merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi.

Artinya, saat Anda mengalami kondisi tersebut, bisa saja disebabkan karena kadar kolesterol yang sudah terlalu tinggi di dalam darah. 

Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan tes kolesterol untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News