Bugar

Sering Disepelekan! Inilah Gejala Asam Lambung yang Harus Diwaspadai

Sering Disepelekan! Inilah Gejala Asam Lambung yang Harus Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa gejala asam lambung yang harus Anda waspadai, karena banyak sekali yang menyepelekan.

Naiknya asam lambung merupakan masalah pada organ pencernaan yang kerap terjadi di masyarakat dan terjadi pada berbagai usia.  

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan gejala asam lambung yang muncul. Padahal, gejala tersebut bisa menandakan penyakit pencernaan tertentu.  

Agar bisa mengatasinya dengan tepat, mengutip Healthline, inilah beberapa gejala penyakit asam lambung yang harus diwaspadai, antara lain: 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirih yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

Sering bersendawa

Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai pertama adalah sering sendawa. Sendawa merupakan cara tubuh mengeluarkan udara berlebih dari saluran pencernaan.

Melansir dari Mayo Clinic, sendawa yang terjadi terus-menerus, lebih dari satu sampai dua kali dalam waktu yang berdekatan, bisa menjadi gejala asam lambung naik.  

Sulit menelan

Gejala penyakit asam lambung yang kedua adalah kesulitan menelan. Jika Anda merasa tidak dapat menelan makanan adalah gejala abnormal yang sering menyertai refluks asam yang parah.  

Sebab, gejala ini mungkin menunjukkan bahwa terjadi kerusakan pada kerongkongan akibat pengaruh penyakit asam lambung.  

Nyeri pada dada

Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai ketiga adalah merasakan nyeri pada dada.Selain sulit menelan, ciri-ciri asam lambung naik lainnya adalah nyeri dada.  

Rasa nyeri ini biasanya diawali dengan sensasi terbakar di perut bagian atas dan naik ke dada. Nyeri dada paling terasa ketika Anda berbaring, membungkuk, atau setelah makan.  

Baca Juga: Kenali Gejala Tukak Lambung yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil

Bau mulut

Gejala penyakit asam lambung yang keempat adalah bau mulut. Penyebab utamanya yaitu kondisi di mana otot kerongkongan rusak atau mengendur.   

Bila otot kerongkongan bekerja dengan baik, otot ini akan terbuka saat menelan untuk membiarkan masuk ke perut, kemudian menutup dengan rapat.    

Mulut terasa asam

Gejala penyakit asam lambung yang perlu diwaspadai kelima adalah mulut terasa asam disertai bau mulut juga. Hal ini biasanya menjadi salah satu ciri-ciri dari asam lambung naik.   

Bila otot bukaan antara kerongkongan dan perut tidak menutup sepenuhnya, asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Ini yang menyebabkan munculnya rasa asam di mulut.  

Itulah beberpaa gejala asam lambungyang harus Anda waspadai dan jangan disepelekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News