Bugar

5 Manfaat Daun Sirih yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

5 Manfaat Daun Sirih yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

MOMSMONEY.ID - Manfaat daun sirih yang jarang diketahui ini harus Anda ketahui. Daun sirih kerap dijadikan bahan paling mujarab untuk menyegarkan mulut.

Manfaat ini dari sifat antibakteri yang bisa mencegah perkembangbiakkan bakteri dalam mulut.

Daun sirih bukan hanya dikonsumsi dengan cara dikunyah, namun juga bisa direbus dan diambil khasiatnya. Manfaat rebusan daun sirih juga tidak kalah banyak.

Secara lengkap, dilansir dari Web MD, berikut ini adalah kandungan dan manfaat daun sirih yang jarang diketahui banyak orang, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

Mengobati luka lambung

Daun sirih yang disiram air panas terbukti memiliki lendir yang berguna untuk melapisi lambung. 

Hal ini menghadirkan manfaat rebusan daun sirih sebagai pelindung dinding lambung sehingga tidak mudah terluka ketika Anda mengalami kenaikan asam lambung maupun hal lainnya.

Mengurangi nyeri haid

Air rebusan daun sirih juga mampu mengatasi nyeri menstruasi. Khasiat ini berasal dari senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirih.

Supaya manfaatnya lebih maksimal, rebus daun sirih bersama kunyit yang mengandung kurkumin. Senyawa tersebut punya sifat anti peradangan yang membantu meredakan rasa nyeri.

Menyehatkan jantung

Bentuk daun yang seperti hati seakan-akan mencerminkan manfaat daun sirih itu sendiri sebagai tanaman yang dapat menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian menyebut daun sirih memang dapat menguatkan organ vital tersebut sekaligus mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan ketidakteraturan irama jantung.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengatasi keputihan

Selain membersihkan area kewanitaan, air rebusan daun sirih mampu mengatasi masalah keputihan.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian berjudul The effect of using red betel leaves (piper crocatum) for vaginal discharge among fertile age women (faw). 

Mengobati diabetes

Jenis daun sirih merah dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati diabetes mellitus. Melalui senyawa antioksidannya, sirih merah mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Sebelum menggunakan daun sirih seperti di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya efek samping dari daun sirih yang tidak kita ketahui.

Itulah beberapa manfaat daun sirih yang tidak banyak diketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News