Bugar

Kenali Gejala Tukak Lambung yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil

Kenali Gejala Tukak Lambung yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa gejala tukak lambung yang sering terjadi pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya. 

Tukak lambung sendiri adalah luka yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. 

Kondisi ini pun bisa terjadi saat sedang hamil. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang tepat agar gejala tidak semakin parah. 

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari karena bisa memicu gejala yang semakin parah. Sayangnya, tidak ada penyebab pasti dari tukak lambung selama hamil. 

Namun, dilansir dari Pregnant Education, Anda bisa mengetahui beberapa gejala tukak lambung yang sering terjadi pada ibu hamil yang perlu Anda katahui, antara lain: 

Baca Juga: Moms Harus Tahu! Ini 5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat

Perubahan kebiasaan makan

Perubahan pola makan termasuk gejala tukak lambung. Tukak lambung bisa mengubah kebiasaan makan jadi lebih banyak atau sedikit. 

Mudah kenyang

Gejala tukak lambung selanjutnya adalah gampang kenyang. Ini bisa menjadi tanda bahwa organ pencernaan Anda, terutama usus, sedang tidak bekerja dengan baik. 

Pencernaan yang berjalan lambat membuat Anda akan lebih mudah merasa kenyang karena makanan dalam perut belum maksimal dicerna tubuh.  

Sakit perut

Sakit perut merupakan gejala dari tukak lambung umum dan khas. Nyeri perut muncul sebagai akibat dariadanya luka pada lapisan lambung.  

Rasa sakit biasanya akan terasa di perut atas bagian tengah, di atas pusar, dan di bawah tulang dada (ulu hati). 

Baca Juga: Lakukan dengan Rutin! Ini Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari untuk Kesehatan

Sering sendawa

Gejala tukak lambung yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori (H. pylori) yang sering menyebabkan sendawa.

Sendawa terjadi ketika lambung dan usus tidak dapat mencerna makanan dengan baik karena terluka atau memiliki borok. 

Mual dan muntah

Sensasi mual dan bahkan muntah umum dirasakan orang yang mengalami gejala tukak lambung. Mual dan muntah bisa terjadi saat cairan asam lambung mengalir balik ke atas. 

Anda harus menghubungi dokter jika sudah pernah didiagnosis mengalami gejala maag atau tukak lambung, dan mengalami satu atau lebih dari gejala mencurigakan berikut.  

Itulah beberapa gejala tukak lambung yang sering terjadi pada ibu hamil yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News