HOME, Santai

Semakin Banyak Ditemukan, Apa Itu Fungsi Quick Response Code dalam Pembayaran?

Semakin Banyak Ditemukan, Apa Itu Fungsi Quick Response Code dalam Pembayaran?

MOMSMONEY.ID - Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi, transaksi bayar membayar pun menjadi lebih mudah. 

Kehadiran mobile banking dalam proses transaksi perbankan, misalnya, membuat nasabah bank bisa melakukan serangkaian transaksi tanpa harus datang ke bank.

Selain itu, ada juga teknologi baru yang saat ini mulai banyak digunakan untuk transaksi jual beli. Salah satunya adalah QRIS, yakni layanan transaksi baru yang bisa memudahkan siapa pun untuk melakukan kegiatan jual beli dengan dompet digital. 

Baca Juga: Kurs Jual Beli Dolar AS Di BRI, Kamis 11 November

Melansir dari laman Wikipedia, QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standard. QRIS sendiri dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan metode pembayaran nontunai di Indonesia.

Menurut sejarahnya, Bank Indonesia melihat bahwa terlalu banyak QR yang disediakan penyelenggara jasa sistem pembayaran seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, hingga ShopeePay.

Untuk membuatnya lebih praktis dan terintegrasi, akhirnya Bank Indonesia memutuskan untuk mengintegrasikan sistem pembayaran yang telah terdaftar di Bank Indonesia tersebut. 

Baca Juga: Promo McDonald’s 11.11, Dapatkan Cashback ShopeePay 50% via Take Away atau Drive Thru

Metode penggunaan QRIS pun juga termasuk mudah dan praktis. Merchant hanya perlu menampilkan kode QRIS yang disediakan, maka customer bisa melakukan sistem pembayaran nontunai.

Hanya dengan memindai kode yang ada pada mesin EDC atau etalase toko, maka sistem pembayaran nontunai pun sudah bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Sehingga tak perlu lagi bingung untuk melakukan transaksi cash less di masa pandemic yang belum berakhir ini.

Laman Wikipedia pun menjelaskan bahwa sudah ada setidaknya 3,6 juta UMKM di Indonesia yang menggunakan teknologi QRIS ini. Selain UMKM, objek wisata,, fasilitas umum, dan juga aplikasi pemesanan tiket juga tercatat sudah mulai menggunakan QRIS untuk memudahkan penggunanya dalam bertransaksi.

Selanjutnya: Tampan dan Populer, Inilah Deretan Drama Favorit yang Dibintangi Lee Dong Wook

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News