Selain Kebersihan Rambut, Inilah Penyebab Munculnya Jerawat di Kepala

Reporter: Rizka Noveliana
Senin, 18 Oktober 2021 | 16:29 WIB
Selain Kebersihan Rambut, Inilah Penyebab Munculnya Jerawat di Kepala

ILUSTRASI. Selain Kebersihan Rambut, Inilah Penyebab Munculnya Jerawat di Kepala

MOMSMONEY.ID - Terbentuknya jerawat di kepala, sama dengan jerawat di wajah pada umumnya. Salah satu penyebab munculnya jerawat di kepala oleh tersumbatnya pori-pori. Hal tersebut terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan rambut dan wajah. 

Penyebab jerawat di kepala biasanya disebabkan oleh kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala,  jarang mencuci rambut, menunda keramas setelah berolahraga, menggunakan minyak rambut atau sampo berlebih dan kebiasaan buruk lainnya.

Selain itu, penyebab munculnya jerawat di kepala bisa disebabkan oleh faktor makanan. Kandungan di dalam makanan tersebut dapat memicu tumbuhnya jerawat di kepala Anda karena produksi minyak berlebih. Melansir dari evamuliaclinic.com, inilah penyebab munculnya jerawat di kepala, yaitu:

1. Susu

Susu dan produk olahan susu lainnya dipercaya mampu memunculkan jerawat. Susu dapat memunculkan hormon insulin dan IGF-1 yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan gula yang banyak di dalamnya. 

Kandungan gula yang tinggi dapat memicu kadar insulin dalam darah sehingga produksi sebum lebih cepat. Kandungan protein susu yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko masalah kulit yang kompleks akibat peradangan yang didapat dari hormon androgenik. Namun, Anda hanya perlu membatasi jumlah konsumsi susu dan produk olahan lainnya saja. 

2. Makanan Laut

Penyebab munculnya jerawat di kepala selanjutnya yaitu makanan laut. Untuk pemilik kulit sensitif, makanan laut seperti kerang akan menimbulkan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi jumlah porsi makan seafood dan menggantikannya dengan makanan anti jerawat. 

Baca Juga: Perhatikan! 6 Kesalahan Menggunakan Peel Off Mask yang Harus Anda Tahu

3. Makanan Berlemak

Makanan berlemak juga dapat menimbulkan jerawat di kepala. Makanan berlemak yang dimaksud seperti keripik kentang, keripik kentang, dan aneka gorengan. Makanan ini dapat menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak lemak.

Asam lemak dalam makanan berlemak juga cenderung menyebabkan peradangan, sehingga jerawat bisa bertambah parah. Batasi asupan makanan berlemak dan cuci muka secara rutin untuk mengurangi efek jerawat di kepala.

4. Nasi Putih

Selanjutnya, nasi putih juga dapat menimbulkan jerawat terutama di kepala. Semua jenis makanan olahan yang berasal dari nasi putih, seperti lontong, bisa meningkatkan gula darah secara drastis.

Karbohidrat dalam nasi putih akan diubah menjadi glukosa. Ketika glukosa menempel pada kolagen, inilah saat kolagen rusak. Jika Anda tidak ingin berjerawat dan mengurangi porsi nasi putih, Anda perlu mengurangi mengonsumsi makanan manis setiap hari. 

5. Makanan Manis

Penyebab munculnya jerawat di kepala lainnya adalah makanan manis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan manis memicu tumbuhnya jerawat. Sebab makanan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh dan merangsang peningkatan hormon insulin.

Peningkatan hormon insulin dalam darah dapat meningkatkan jumlah kelenjar minyak dan keringat di kepala. Faktor-faktor tersebut memicu timbulnya jerawat. Gula darah tinggi juga bisa menyumbat pori-pori kepala dan memicu proses inflamasi.

Selanjutnya: 6 Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Wajah, Sudah Tahu?

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru