6 Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Wajah, Sudah Tahu?

Sumber: Senka
Senin, 18 Oktober 2021 | 15:03 WIB
6 Cara Menghilangkan Fungal Acne pada Wajah, Sudah Tahu?

ILUSTRASI. 6 Cara Menghilangkan Fungal Acne Pada Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mengalami fungal acne? Fungal acne adalah jerawat yang disebabkan oleh infeksi jamur yang memiliki bentuk seperti brutusan tetapi dengan ukuran yag lebih besar. Fungal acne biasanya muncul pada area kulit yang sering berkeringat.

Fungal acne memiliki sensasi gatal dan bahkan iritasi, membuat kulit menjadi kemerahan. Melansir dari senka.id, penyebab munculnya fungal acne oleh kelembapan berlebih, pakaian yang terlalu ketat, mengonsumsi obat atau skincare tertentu dan sistem imun tubuh lemah.

Namun, masih ada cara untuk menghilangkan fungal acne ini. Masih melansir dari senka.id, inilah enam cara menghilangkan fungal acne yang harus Anda tahu, yaitu: 

1. Membersihkan Tubuh

Cara menghilangkan fungal acne yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Fungal acne tidak hanya tumbuh di kulit wajah saja, tetapi di seluruh bagian tubuh, terutama bagian yang sering berkeringat.

Bakteri yang tumbuh oleh keringat itulah yang bisa memicu infeksi pada folikel rambut. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan tubuh secara rutin untuk memastikan tubuh selalu dalam keadaan bersih.

2. Hindari Produk Berbahan Fatyy Acid

Cara menghilangkan funga acne selanjutnya dengan menghindari produk berbahan Fatty Acid. Fungal acne disebabkan oleh infkesi jamur dimana dapat hidup dengan ‘memakan’ fatty acid atau asam lemak tertentu.

Contohnya seperti asam linoleat, asam laurat, dan minyak kelapa. Oleh sebab itu, supaya jamur tidak berkembang biak dan menjadi fungal acne, sebaiknya Anda perhatikan kembali skincare yang digunakan agar tidak mengandung hal-hal tersebut dalam jumlah banyak. 

3. Gunakan Produk Berbahan Salicylic Acid

Sebaiknya Anda menggunakan produk berbahan Salicylic Acid. Jenis asam ini mempunyai kandungan anti-jamur yang dipercaya mampu mengobati fungal acne.

Selain itu, skincare dengan kandungan asam salisilat juga dapat membantu mengurangi penumpukan folikel rambut yang berpotensi sebagai penyebab munculnya jerawat jamur. Produk berbahan Salicylic Acid dapat Anda jumpasi pada sabun mandi, pembersih muka dan perawatan kulit lainnya.

Baca Juga: Waspada! Inilah 4 Bahaya Paraben untuk Tubuh di Dalam Produk Skincare

4. Bersihkan Tempat Tidur

Selain menjaga kebersihan badan, Anda juga perlu membersihkan tempat tidur. Penyebab dari fungal acne salah satunya di tempat tidur. Jika Anda tidak membersihkan kasur, guling, bantal, dan area kamar tidur kotor secara berkala, tentunya Anda tidak nyaman untuk beristirahat. 

Selain itu, kondisi tempat tidur yang kotor juga dapat memberikan wadah bagi mikroba, bakteri, dan bahkan jamur untuk tumbuh dan menempel di tubuh. Apabila sudah begitu, akan potensi tumbuh fungal acne dan memungkinkan alergimu kambuh. Untuk itu, sebaiknya gantilah sprei dalam waktu ideal, yaitu setiap 1-2minggu sekali.

5. Gunakan Pakaian yang Lebih Longgar

Cara menghilangkan fungal acne selanjutnya yaitu menggunakan pakaian yang lebih longgar. Faktanya, pakaian yang ketat akan meningkatkan gesekan dan sirkulasi udara yang terbatas yang mampu memicu tumbuhnya jamur pada kulit. Pilihlah pakaian yang lebih longgar, sehingga membantu kulit bernapas lebih efektif dan mengurangi pertumbuhan jamur.

6. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit

Cara menghilangkan fungal acne terakhir adalah lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Biasanya dokter akan memberikan resep obat oral untuk proses pengobatan dari dalam. Namun, tak menutup kemungkinan juga kalau Anda akan diresepkan obat oles juga, semuanya tergantung dari kondisi yang Anda alami saat ini.

Nah, itulah enam cara menghilangkan fungal acne pada wajah yang harus Anda tahu. Jaga selalu kebersihan Anda dan konsultasikan dengan yang lebih ahli. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Perhatikan! 6 Kesalahan Menggunakan Peel Off Mask yang Harus Anda Tahu

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru