HOME, Bugar

Waspada! Inilah 4 Bahaya Paraben untuk Tubuh di Dalam Produk Skincare

Waspada! Inilah 4 Bahaya Paraben untuk Tubuh di Dalam Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Anda pasti cukup kenal dengan bahan skincare ini yaitu Paraben. Pareben atau p-hydroxybenzoic acid adalah zat kimia yang bekerja mirip dengan bahan pengawet yang digunakan dalam produk skincare. Biasanya, produk skincare yang mengandung paraben bertahan lebih dari 2 tahun penyimpanan. 

Fungsi dari paraben untuk membuat produk kecantikan tidak cepat kedaluwarsa. Paraben  mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme, seperti bakteri, lumut, dan jamur yang mungkin berkembang dalam suatu produk. Produk-produk yang menggunakan paraben seperti sabun, sampo, deodoran, pasta gigi, sunscreen, pelembap, lipstik, dan lain-lain. 

Namun, apa sih yang menyebabkan paraben berbahaya? Yuk, cari tahu bahaya paraben untuk tubuh khususnya wajah di dalam produk skincare Anda. Melansir dari senka.id, inilah bahaya paraben yang harus Anda tahu, yaitu:

1.  Kanker Payudara 

Bahaya paraben pertama adalah kanker payudara. Jika menggunakan produk berbahan paraben dalam jangkan waktu lama, akan menyebabkan kanker payudara. Namun, bahaya ini masih perlu mendapatkan penelitian lebih lanjut. 

Dilansir dari 100percentpure.com, diungkap bahwa paraben dapat meniru aktivitas hormon estrogen dalam sel-sel tubuh. Aktivitas estrogenik inilah yang dikaitkan dengan beberapa bentuk dari kanker payudara. Di mana estrogen merupakan hormon wanita yang memiliki peran kontroversial, yaitu dalam proses pertumbuhan payudara normal dan pertumbuhan sel kanker, serta membelahnya.

Baca Juga: 4 Bahan Natural untuk Mencerahkan Kulit pada Produk Skincare, Sudah Tahu?

2. Mengganggu Kesuburan

Selain kanker payudara, paraben juga bisa menggangu kesuburan. Hal ini menjadi masalah pada proses kerja hormon dalam tubuh. Akibatnya, sistem reproduksi, gangguan menstruasi, dan gangguan fertilitas pun menjadi terganggu.

Beberapa sumber juga sempat menyebutkan bahwa paraben berpotensi mengakibatkan munculnya berbagai komplikasi kehamilan, seperti bayi lahir prematur dan janin yang memiliki berat badan rendah.

3. Memunculkan Alergi

Bahaya paraben selanjutnya yaitu memunculkan alergi. Ketika menggunakan produk yang mengandung paraben tak jarang terjadi alergi seperti gatal, ruam kemerahan, kering dan bersisik, bengkak, nyeri dan melepuh atau seperti terbakar. Masalah-masalah tersebut rentan terjadi terutama bagi pemilik kulit sensitif, penderita eksim, dan psoriasis.

4. Memunculkan Iritasi Kulit

Bahaya paraben lainnya adalah memunculkan iritasi kulit. Paraben bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif apabila digunakan terus-menerus. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih rentan mengalami masalah, seperti kemerahan, iritasi, dan gatal.Bahaya paraben ini adalah salah satu efek jangka pendek apabila menggunakan produk yang mengandung paraben.

Selanjutnya: Jangan Mencabut Alis, 4 Hal Ini Bisa Memicu Penuaan Dini di Sekitar Mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News