HOME, Bugar

Jangan Mencabut Alis, 4 Hal Ini Bisa Memicu Penuaan Dini di Sekitar Mata

Jangan Mencabut Alis, 4 Hal Ini Bisa Memicu Penuaan Dini di Sekitar Mata

MOMSMONEY.ID - Penuaan dini tampak terlihat jelas di area sekitar mata. Penuaan dini dapat disebabkan oleh beberapa kegiatan rutinitas kecantikan yang tidak Anda sadari. Penuaan dini sangat nampak pada area sekitar mata. Penuaan dini di sekitar mata yang sering Anda jumpai seperti keriput, garis-garis halus dan lingkaran hitam. 

Namun, masalah tersebut bisa Anda cegah dengan tidak melakukan beberapa rutinitas kecantikan ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui hal-hal yang dapat memicu penuaan dini di sekitar mata. Melansir dari natur-e.co.id, berikut empat hal yang bisa memicu penuaan dini di sekitar mata, yaitu:

1. Scrubbing di Area Bawah Mata

Hal pertama yang bisa memicu penuaan dini yaitu scrubbing di area bawah mata. Eksfoliasi menggunakan scrub berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel-sel kulit, untuk tampilan yang lebih cerah dan awet muda.

Namun, Anda perlu waspada saat scrubbing di area mata. Sebab, kulit yang berasa di bawah mata lebih tipis dibandingkan kulit di bagian wajah lainnya yang bisa memicu iritasi. Selain itu, gesekan yang terlalu keras atau kasar bisa membuat kulit sekitar mata makin kering dan muncul kerutan halus.

2. Mencabut atau Mencukur Alis

Selanjutnya, ternyata mencabut atau mencukur alis bisa memicu penuaan dini. Kurangnya nutrisi penting menyebabkan rambut, termasuk alis, secara alami akan rontok atau menipis. Apalagi jika sudah terbiasa mencabut alis, bisa jadi sulit untuk tumbuh subur dan bikin wajah terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya.

Baca Juga: Cari Tahu 4 Rekomendasi Night Cream untuk Kulit Berjerawat

3. Salah Pilih Concealer

Hal yang bisa memicu penuaan dini selanjutnnya adalah salah memilih concealer. Concealer berfungsi untuk menutupi lingkaran hitam atau kantong mata Anda. Namun, anda harus berhati-hati saat memilih produk concelaer karena produk yang tidak tepat bagi jenis kulit malah memicu penuaan dini di area sekitar mata. 

Concealer dengan formula yang terlalu matte misalnya justru bikin kulit sekitar mata menjadi kering. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan formula yang mengandung pelembap, sehingga dapat melindungi kulit dan tetap terlihat segar.

4. Pemakaian Eye Cream yang Kurang Tepat

Setelah concelaler, pemakaian eye cream yang kurang tepat juga bisa memicu penuaan dini di sekitar mata. Eye cream berfungsi untuk mengatasi kerutan halus di bawah mata. Anda perlu memilih produk eye cream yang memiliki kandungan terbaik untuk mencegah penuaan.

Selain itu, cara menggunakan eye cream pun juga harus Anda perhatikan. Setelah mencuci wajah dan mengoleskan serum, ambil krim mata seukuran kacang polong dengan jari manis. Oleskan dengan bentuk titik-titik kecil di sekitar mata dan tulang alis lalu tepuk-tepuk dengan lembut dari sudut dalam mata ke sudut luar hingga terserap.

Hindari menarik kulit yang dapat memicu munculnya kerutan halus, lalu tunggu beberapa menit sebelum mengaplikasikan tabir surya atau pelembap untuk memastikan produk terserap sempurna.

Selanjutnya: Mengatasi Kantung Mata, 5 Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News