HOME, Bugar

Selain Jeruk, 4 Buah Ini Juga Kaya Vitamin C

Selain Jeruk, 4 Buah Ini Juga Kaya Vitamin C

MOMSMONEY.ID - Selama ini, jeruk identik dengan buah yang kaya vitamin C. Padahal, buah yang kaya dengan vitamin C tidak hanya jeruk lo, Moms!

Asal tahu saja, 100 gram buah jeruk mengandung sekitar 53 miligram vitamin C. Berdasarkan data dari US National Institute of Health, orang dewasa membutuhkan sekitar 75 sampai 90 mg vitamin C setiap hari.

Dikutip dari Healthline, WebMD, dan Centre for Food Safety Hong Kong, kali ini MomsMoney punya rekomendasi buah-buahan selain jeruk yang bisa Moms konsumsi sebagai sumber vitamin C.

Baca Juga: Yuk, Terapkan Cara Sajian Makanan Sehat dengan Harga Terjangkau

Jambu biji

Siapa yang suka jus jambu biji? Nah, buah yang terkenal dengan warna daging merah muda ini ternyata kaya akan vitamin C lho, Moms.

Jika dibandingkan dengan jeruk, 100 gram buah jambu biji mengandung sekitar 228 mg vitamin C. Jumlah ini jelas jauh lebih tinggi daripada jeruk yang mengandung sekitar 53 mg vitamin C.

Jambu biji termasuk buah yang banyak tersedia di pasaran, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. Moms bisa menjadikan buah ini sebagai alternatif sumber vitamin C yang mudah didapat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman enak.

Kiwi

Buah kiwi yang identik dengan kulit berambut coklat ini juga kaya vitamin C.

Walaupun termasuk kecil, kandungan vitamin C buah kiwi termasuk tinggi. 100 gram buah kiwi mengandung sekitar 92 mg vitamin C.

Kiwi juga mengandung antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Tidak hanya daging buahnya yang kaya nutrisi, kulit buah kiwi juga mengandung serat yang baik untuk tubuh lo, Moms.

Baca Juga: Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Pepaya

Satu lagi buah tropis yang banyak tersedia di Indonesia nih, Moms. Buah yang satu ini sudah menjadi kesukaan banyak orang Indonesia. Moms salah satunya, bukan?

Nah, 100 gram buah pepaya mengandung sekitar 61 mg vitamin C, sedikit lebih banyak daripada jeruk.

Buat Moms atau anak-anak Moms yang nggak doyan jeruk karena rasanya asam, buah pepaya yang lembut dan manis bisa dijadikan alternatif sumber vitamin C.

Stroberi

Moms pasti sudah sangat familiar dengan stroberi. Ya, meskipun mungil, tapi buah yang satu ini kaya akan vitamin C.

100 gram stroberi mengandung sekitar 59 mg vitamin C. Seperti pepaya, kandungan vitamin C buah stroberi juga sedikit lebih banyak daripada jeruk.

Kalau Moms nggak suka dengan rasanya yang asam, buah stroberi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, Moms. Mulai dari jus, smoothies, hingga saus stroberi untuk kue dan puding.

Nah, itu tadi beberapa buah selain jeruk yang kaya dengan vitamin C. Kalau Moms bosan makan jeruk, buah-buah di atas bisa dijadikan alternatif nih. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Peregangan Ringan Ini Dapat Dilakukan di Sela-Sela WFH, Yuk Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News