HOME, Bugar

Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

MOMSMONEY.ID - Covid-19 bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Tidak boleh diremehkan, Covid-19 juga berpotensi menyebabkan kematian.

Meskipun begitu, kesempatan untuk sembuh dari Covid-19 pun terbilang besar. Dilansir dari website Satuan Tugas Penanganan Covid-19, presentase kesembuhan Covid-19 di Indonesia mencapai 92,1% pada bulan Juni lalu.

Usai menjalani perawatan hingga dinyatakan sembuh, tentu diperlukan proses adaptasi yang harus dilakukan sebelum kembali beraktivitas seperti biasanya.

Baca Juga: Moms, Begini Lo Cara Membuang Masker yang Benar

Moms baru saja sembuh dari Covid-19? Lakukanlah hal-hal berikut untuk membantu proses pemulihan diri secara maksimal.

Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Sembuh bukan berarti Moms menjadi kebal dan tidak berpotensi untuk kembali terpapar virus. Justru, ketika dinyatakan sembuh Moms harus semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan.

Meskipun sudah kembali sehat, Moms harus tetap menggunakan masker ketika bepergian ke mana pun. Tidak hanya itu, social distancing pun harus Moms ingat dan terapkan ketika sedang berada di tempat umum. Tidak mau kan Moms jika harus kembali terpapar Covid-19?

Melatih Memori

Setelah rehat dari rutinitas produktif sehari-hari, Moms bisa kembali dan mengawalinya dengan melatih memori. Kegiatan melatih memori dapat Moms lakukan dengan bermain teka-teki atau game asah otak.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Perhatikan Ventilasi di Dalam Ruangan

Cukup habiskan waktu selama 1-2 jam perhari, ingatan Moms akan kembali segar secara bertahap. Agar tidak pusing, lakukanlah kegiatan ini secara santai tanpa perlu terburu-buru.

Bagaimana, Moms? Mengasyikkan bukan?

Olahraga Ringan

Olahraga ringan sangat membantu proses pemulihan Covid-19. Beberapa olahraga yang bisa Moms lakukan di antaranya yoga dan meditasi. Kedua olahraga tersebut selain mampu menenangkan pikiran juga dapat melatih pernapasan.

Selain itu, Moms juga dapat sekadar berjalan secara santai maupun cepat. Meskipun hanya berjalan-jalan di area rumah, namun aktivitas tersebut bisa meningkatkan kondisi kesehatan tubuh Moms secara keseluruhan lho.

Moms bisa meningkatkan jenis olahraga jika tubuh dirasa sudah mampu beradaptasi dengan baik. Contoh olahraga yang bisa Moms lakukan ketika tubuh semakin fit adalah bersepeda. Selain baik untuk tubuh, Moms juga bisa kembali merasakan udara segar sembari memanjakan mata.

Baca Juga: Fakta Gejala Covid-19 Happy Hypoxia yang Tak Disadari

Menjaga Kesehatan Mental

Ketika sakit terlebih karena Covid-19, mental pun rawan mengalami down. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga mental agar tetap sehat.

Keadaan mental yang stabil tentu berpengaruh guna mempercepat proses pemulihan Covid-19. Dan untuk mencapai kestabilan mental, tentu dibutuhkan hal-hal yang mampu meningkatkan suasana hati.

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan suasana hati. Salah satu hal yang bisa Moms lakukan adalah berkomunikasi secara teratur dengan orang-orang terdekat. Hal ini terbukti mampu meningkatkan quality time sekaligus mampu meluruhkan sebagian beban yang dimiliki.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah meditasi, mengonsumsi makanan sehat, tidur tepat waktu, tidak meminum kafein dan alkohol, serta tidak menggunakan gadget 1 jam sebelum tidur.

Selain hal-hal di atas, penting juga bagi Moms untuk tidak terlalu sering mengikuti berita yang membicarakan tentang Covid-19. Ikutilah secukupnya dan terus berpikir positif agar gangguan kecemasan tidak rentan datang. Karena, jika fisik dan mental stabil, maka proses pemulihan diri pun bisa segera terselesaikan.

Selanjutnya: Resep Kopi ala Kafe Selama PPKM, Wajib Coba!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News