Keluarga

Sekilas Terlihat Mirip, Inilah 4 Kunci Utama Perbedaan Cupcake dan Muffin

Sekilas Terlihat Mirip, Inilah 4 Kunci Utama Perbedaan Cupcake dan Muffin

MOMSMONEY.ID - Meski sekilas memiliki tampilan yang mirip, cupcake dan muffin adalah jenis kue yang berbeda. Apa saja sih perbedaan keduanya?

Agar Anda tak kesulitan membedakan mana cupcake dan mana muffin, mari intip perbedaan keduanya yang dirangkum dari Pondan, The Kitchn, dan Spoon University, ini dia.

Bahan

Perbedaan Cupcake dan Muffin terletak pada bahan yang digunakan. Meski keduanya sama-sama menggunakan tepung, telur, dan gula, namun ada kadar & takaran yang membedakan kedua jenis kue ini.

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha dan Green Tea, dari Rasa hingga Kandungannya

Cupcake terbuat dari bahan tepung terigu, mentega, dan gula yang sangat tinggi.

Sementara Muffin cenderung memiliki kadar gula yang lebih rendah. Muffin juga menggunakan bahan dasar seperti tepung gandum & minyak sayur agar lebih sehat.

Muffin juga biasanya menggunakan bahan-bahan tambahan seperti kacang & buah-buahan.

Topping

Resep Red Velvet Cupcake

Topping juga jadi kunci penentu yang membedakan cupcake dengan muffin.

Cupcake selalu dilengkapi dengan topping krim di atasnya. Apapun rasa Cupcake yang dibuat, Cupcake cenderung selalu menggunakan krim putih sebagai topping, sehingga bentuknya terlihat semakin menarik.

Baca Juga: Lada Hitam vs Lada Putih, Inilah 4 Perbedaan Utama Kedua Bumbu Masakan

Sementara Muffin tidak menggunakan krim putih sebagai topping. Topping muffin biasanya berupa gula halus, cokelat, ataupun permen kecil-kecil.

Dengan ciri khas Cupcake & Muffin ini, biasanya orang-orang jadi lebih mudah untuk mengidentifikasi keduanya secara visual.

Muffin Cake

Tekstur

Karena bahan utama cupcake dengan muffin juga berbeda, maka hal ini memengaruhi tekstur yang dihasilkan keduanya.

Cupcake yang menggunakan mentega sebagai salah satu bahannya membuat hasil cupcake bertekstur lembut. Sementara muffin yang tidak menggunakan mentega memiliki tekstur yang lebih padat & tak berongga.

Baca Juga: Ada yang Beraroma Buah, Ini Dia 7 Jenis Sambal Unik yang Ada di Berbagai Negara

Proses pembuatan

Proses pembuatan juga berpengaruh besar terhadap kue yang dihasilkan, entah pada cupcake maupun muffin.

Pada cupcake, misalnya. Bahan-bahan yang tersedia dikocok berkali-kali hingga tidak menggumpal. Metode pengocokan ini dilakukan cukup lama agar menghasilkan tekstur kue yang berongga dan sangat lembut.

Sementara Muffin, adonan tidak dikocok hingga lembut. Adonan muffin sengaja dibuat cukup kasar agar tekstur yang dihasilkan lebih padat.

Pembuatan Muffin juga dilakukan melalui 2 tahapan, yakni adonan kering dan adonan basah. Meski pada akhirnya kedua adonan ini disatukan, tapi itulah yang membedakan Muffin dari cupcake.

Itu dia berbagai perbedaan cupcake dengan muffin. Sekarang sudah tak kesulitan membedakan keduanya, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News