Bugar

Sedang Program Hamil? Ini 5 Manfaat Buah Zuriat untuk Promil dan Kesehatan

Sedang Program Hamil? Ini 5 Manfaat Buah Zuriat untuk Promil dan Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Buah zuriat adalah tanaman yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara timur tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya. Buah ini biasanya diekstrak lalu diminum airnya karena ada beberapa manfaat buah zuriat untuk kesehatan. 

Namun, manfaat buah zuriat untuk promil atau program hamil adalah hal yang paling dikenal oleh masyarakat. Selain itu, manfaat buah zuriat untuk kesehatan juga bagus karena kandungan antioksidannya. 

Lantas, apa saja manfaat buah zuriat untuk promil dan kesehatan? 

Baca Juga: Kenali Sebelum Terlambat, Ini 15 Tanda-Tanda Kematian Akibat Gagal Ginjal

Kandungan nutrisi buah zuriat 

Dirangkum dari laman Asosiasi Keluarga Gizi Universitas Indonesia, berikut beberapa kandungan nutrisi buah zuriat yang belum banyak diketahui masyarakat: 

  • Kandungan nutrisi tersebut buah zuriat kaya akan karbohidrat dan serat. Serat banyak ditemukan pada bagian epicarp. 
  • Kaya omega 3 dan omega 6 
  • Mengandung asam amino esensial seperti Penilalanin dan Leusin
  • Mengandung asam amino non esensial seperti Glutamin dan Aspartam banyak ditemukan pada kedua bagian buah tersebut.
  • Selain itu, buah zuriat juga mengandung makronutrisi, seperti vitamin (terutama vitamin B) dan mineral (seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor). 

Beberapa studi juga menyebut ekstrak buah zuriat memiliki kandungan fenol dan flavonoid yang tinggi. Kandungan tersebut menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik.

Baca Juga: Kisah La Tahzan Bahagiakan Pelanggan & Bangun Ketrampilan Komunitas lewat Toko Online

5 Manfaat buah zuriat untuk promil dan kesehatan 

Buah zuriat di marketplace

Sementara itu, karena buah zuriat mengandung banyak zat-zat yang baik bagi tubuh, maka berikut adalah sejumlah manfaat buah zuriat untuk promil maupun kesehatan: 

1. Manfaat buah zuriat untuk promil yakni meningkatkan kesuburan

Salah satu manfaat buah zuriat yang paling terkenal adalah manfaat buah zuriat untuk promil.

Baca Juga: Moms Perlu Coba! Inilah 5 Buah yang Bisa Menyuburkan Kandungan saat Program Hamil

Sebetulnya, belum ada penelitian yang khusus membahas hal ini, tapi salah satu cara meningkatkan kesuburan yakni dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat antioksidan.

Salah satu kandungan paling tinggi dalam ekstrak buah zuriat adalah zat antioksidan yang dapat meminimalisir efek buruk dari radikal bebas yang kemudian menyebabkan stres oksidatif.

Sehingga, manfaat buah zuriat untuk wanita yakni dapat meningkatkan kesuburan. 

Baca Juga: Program Hamil? Simak 5 Manfaat Buah Zuriat dan Bagi Kesehatan

2. Manfaat buah zuriat untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan

Selanjutnya, manfaat buah zuriat adalah untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan. Sebab, buah zuriat mengandung vitamin B, termasuk folat (vitamin B9). 

Folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti kelainan tabung saraf dan sipina bifida.

Selain itu, Anda yang tengah menjalani program hamil juga disarankan mengonsumsi folat agar meniminalir kemungkinan yang sama ketika mengandung. Sehingga, kandungan folat tersebut menjadi salah satu manfaat buah zuriat untuk promil.  

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Terbakar Akibat Sinar Matahari

3. Mencegah katarak dan migrain

Mencegah katarak dan migrain juga menjadi salah satu manfaat buah zuriat untuk kesehatan. Bentuk vitamin B lainnya yang banyak ditemukan pada buah zuriat adalah vitamin B2 alias riboflavin. 

Manfaatnya adalah menurunkan risiko Anda terkena penyakit mata katarak, serta mengurangi sakit kepala sebelah atau migrain.

Baca Juga: 5 Buah Penyubur Kandungan yang Perlu Dicoba saat Program Hamil

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat buah zuriat lain berdasarkan kandungan antioksidannya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.

Zat antioksidan juga mampu menurunkan level trigliserida yang pada akhirnya akan menurunkan kadar kolesterol total Anda menjadi kurang dari 200 mg/dL.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Terbakar Akibat Sinar Matahari

5. Menyehatkan jantung

Terakhir, manfaat buah zuriat yakni menyehatkan jantung. Kadar kolesterol yang normal membuat lemak tidak menempel pada dinding arteri (pembuluh darah) jantung sehingga jantung tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal. 

Tidak terganggunya kinerja jantung ini mengakibatkan Anda tidak rentan terkena penyakit jantung koroner maupun stroke.

Baca Juga: Kaya nutrisi, inilah 5 manfaat kurma untuk kesehatan Anda

Cara mengonsumsi buah zuriat

Cara mengonsumsi buah zuriat sendiri adalah meminum air rebusan dari buah tersebut. Caranya dengan memotong menjadi beberapa bagian lalu direbus sampai sekitar 15 menit. 

Di pasar-pasar timur tengah, buah zuriat dijual dalam bentuk serbuk seperti teh sehingga kita dapat langsung menyeduhnya. 
 
Nah, itulah manfaat dari buah zuriat, kandungan nutrisi buah zuriat, dan cara mengonsumsi buah zuriat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News