Pahami 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Terbakar Akibat Sinar Matahari

Reporter: Rizka Noveliana
Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Pahami 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Terbakar Akibat Sinar Matahari

ILUSTRASI. Pahami 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Terbakar Akibat Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Sangat tidak nyaman saat kulit wajah atau bagian tubuh lain terbakar akibat sinar matahari. Walaupun Anda sudah menggunakan sunblock saat di luar rumah, tetapi jika intensitas Anda terlalu lama di bawah sinar matahari dan tidak mengoleskan ulang sunblock.

Kemungkinan kejadian tersebut bisa terjadi. Anda tidak perlu khawatir, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Melanir dari www.emc.id, inilah lima cara mengatasi kulit wajah terbakar akibat sinar matahari, yaitu:

1. Mengopres area kulit yang terbakar

Cara mengatasi kulit wajah terbakar akibat matahari pertama adalah mengopres area kulit yang terbakar. Kulit perlu untuk mendinginkan kembali, Anda bisa mengopres kulit dengan memakai handuk yang sudah direndam dalam air es. Atau dengan cara lain membungkus es batu dengan kain dan meletakkannya pada kulit yang terbakar. 

Anda pun juga bisa segera membasuh tubuh dengan mandi air dingin. Namun, Anda perlu menggunakan sabun untuk kulit sensitif untuk mencegah iritasi lebih lanjut. Setelah itu, keringkan wajah atau area kulit yang terbakar dengan cara lakukan menepuk-nepukkan handuk secara perlahan. Hindari menggosok kulit dengan handuk.

2. Menggunakan lidah buaya 

Cara mengatasi kulit kulit wajah terbakar lainnya dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buata dipercaya mampu mengatasi kulit yang meradang dan iritasi akibat paparan sinar matahari. Saat kulit wajah terasa terbakar, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya atau produk berbahan lidah buaya pada kulit. Pada produk skincare berbahan lidah buaya, pastikan kandungannya cukup tinggi. 

Kulit terbakar matahari

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Zuriat

3. Menggunakan masker mentimun

Selain lidah buaya, mentimun juga bisa membuat kulit terasa dingin dan tenang. Mentimun mempunyai kandungan antioksidan dan bersifat analgesik. Sehingga, mentimun dapat meredakan inflamasi atau peradangan pada kulit yang terbakar.

Saat Anda ingin menggunakan masker timun di area wajah, Anda bisa memotong timun tipis-tipis dan menempelkannya langsung ke wajah. Jika Anda ingin membalurkan masker timun pada lengan, kaki, dan punggung, pertama Anda perlu menghaluskan timun terlebih dahulu.

Teksturnya yang lebih halus membuat Anda lebih mudah mengaplikasikannya. Agar hasilnya lebih terlihat, biarkan masker selama beberapa menit. Setelah itu, ulangi kembali pemakaiannya hingga kulit terasa lebih baik.

4. Mengoleskan krim hidrokortison

Selanjutnya, mengatasi kulit terbakar juga bisa dengan mengoleskan krim hidrokortison jika perih akibat terbakar matahari berlangsung lama. Krim hidrokortison adalah obat terbakar sinar matahari tanpa resep dokter yang bisa Anda temukan di apotek. 

Krim ini bekerja dengan meredakan peradangan atau inflamasi, termasuk akibat sinar matahari. Oleskan krim ini pada area kulit yang terbakar dan terasa perih atau nyeri. Namun jika perih yang dirasakan tidak kunjung sembuh, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kulit. 

5. Menjaga area kulit yang melepuh

Cara terakhir mengatasi kulit wajah terbakar akibat sinar matahari dengan berhati-hati menjaga kulit yang melepuh. Anda sebaiknya menghindari menyentuh kulit melepuh agar tidak pecah. Jika lepuh pecah dan luka, segera basuh dengan air bersih dan sabun. Selanjutnya, berikan juga krim antibiotik dan tutup dengan perban. 

Selanjutnya: Ketahui 4 Cara Menghilangkan Kulit Wajah yang Mengelupas

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru