Jarang Diketahui, Inilah 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Zuriat

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:32 WIB
Jarang Diketahui, Inilah 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Zuriat

ILUSTRASI. Jarang Diketahui, Inilah 5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Zuriat

MOMSMONEY.ID - Buah zuriat adalah buah yang berasal dari kawasan Afrika Utara dan banyak tumbuh di Mesir, Arab Saudi, dan Yaman. Buah ini memiliki rasa dan aroma yang khas, seperti roti jahe atau sedikit mirip dengan gula merah.

Buah zuriat juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, serta berbagai senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, dkutip dari Mayo Clinic.

Dari berbagai kandungan nutrisi tersebut Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan jika mengonsumsi buah zuriat, antara lain.

Baca Juga: Jangan Berlebihan! Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat di dalam buah zuriat memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung, berdasarkan penelitian yang dimuat pada International Food Research Journal pada tahun 2017 lalu.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa serat berpotensi mengurangi risiko berbagai penyakit jantung, salah satunya penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu, cobalah mengonsumsi buah zuriat secara rutin jika ingin menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Mencegah diabetes dan komplikasinya

Buah ini juga diyakini dapat mencegah komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, seperti nefropati diabetik, yaitu penyakit ginjal yang disebabkan oleh kontrol gula darah yang kurang baik pada diabetes tipe 1 dan 2. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat di dalam buah zuriat memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung, berdasarkan penelitian yang dimuat pada International Food Research Journal pada tahun 2017 lalu.

Oleh sebab itu, cobalah mengonsumsi buah zuriat secara rutin jika ingin menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah 

Buah zuriat terbukti dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Khasiat ini bermanfaat bagi penderita hiperlipidemia, yakni orang yang memiliki kadar kolesterol jahat dan trigliserida tinggi.

Karena sifatnya yang bisa menurunkan lemak, buah zuriat juga diyakini memiliki efek yang positif untuk penderita penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Selain Buahnya, Biji Alpukat Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh

5. Mencegah anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang dapat terjadi jika tubuh Anda kekurangan vitamin, khususnya vitamin B dan vitamin C. Oleh sebab itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan akan vitamin B dan vitamin C agar terhindar dari penyakit tersebut.

Tak heran jika buah zuriat memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya anemia. Pasalnya, buah ini mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C-nya. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin untuk pencegahan terhadap penyakit ini.

Buah zuriat telah terbukti memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, buah ini tetap bagus untuk Anda konsumsi, asalkan dalam jumlah yang wajar.

Selanjutnya: 5 Makanan yang Bisa Membantu Mengobati Ejakulasi Dini

Editor: Helvana Yulian
Terbaru