ads

Ketahui 4 Cara Menghilangkan Kulit Wajah yang Mengelupas

Reporter: Rizka Noveliana
Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:15 WIB
Ketahui 4 Cara Menghilangkan Kulit Wajah yang Mengelupas

ILUSTRASI. Ketahui 4 Cara Menghilangkan Kulit Wajah yang Mengelupas


MOMSMONEY.ID - Saat kulit wajah mengelupas tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Kulit wajah mengelupas dibarengi dengan kondisi kulit yang kering, kemerahan dan perih.

Mengelupasnya kulit wajah adalah hal normal yang dilakukan oleh tubuh, fungsinya untuk membuang lapisan kulit mati. 

Melansir dari thebodyshop.co.id, kulit wajah yang mengelupas biasanya disebabkan oleh alergi, terbakar kulit kering, sinar matahari, atopik dermatitis (eksim), dan efek samping obat-obatan.

Saat kulit wajah mengelupas, tangan Anda pasti sangat ingin mengelupas kulit satu persatu dengan harapan akan segera hilang. 

Namun, masih ada cara lain untuk menghilangkan kulit wajah yang mengelupas. Masih bersumber dari thebodyshop.co.id, ada beberapa cara menghilangkan kulit wajah yang mengelupas, yaitu :

1. Minum Air Mineral

Minum air putih

Pertama, Anda perlu mencukupi cairan tubuh setiap hari. Meminum air mineral bermanfat untuk menghidrasi tubuh khusunya kulit Anda. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari aktivitas yang dilakukan, berat badan, dan usia. Bila kebutuhan air dalam tubuh cukup maka kulit yang mengelupas bisa segera pulih.

Selain air putih, Anda juga perlu mengonsumsi sayur dan buah. Kurangi mengonsumsi makanan yang dengan lemak tinggi. Kemudian, lakukan olahraga secara teratur untuk mendapatkan kulit sehat. Pilihlah pakaian olahraga yang nyaman untuk kulit dan segera mandi setelah berolahraga. 

Baca Juga: Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Rutinitas Perawatan Kulit

2. Gunakan Pelembab

Skincare

Cara menghilangkan kulit wajah yang mengelupas selanjutnya adalah menggunakan pelembab. Disarankan untuk Anda, pilihlah produk pelembab yang mengandung aloe vera dan vitamin E yang dapat memberikan rasa nyaman dan segar.

Selain itu, gunakan juga pelembap wajah yang mampu mempercepat regenerasi kulit. Saat Anda akan menggunakan pelembab, oleskan pelembap pada wajah yang masih agak basah (bukan saat kulit sudah kering) setelah mandi. Hal ini membuat kadar air terkunci dalam kulit dan lembap. 

3. Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen

Selain pelembab, Anda juga perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Saat kulit wajah Anda sedang mengelupas, Anda tidak boleh terlalu laam berasa di bawah panas matahari karena sinar matahari bisa semakin memperparah kondisi kulit wajah Anda. 

4. Hindari Menggaruk dan Mengelupas Kulit

Kulit kering

Cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas lainnya yaitu hindari menggaruk dan mengelupas kulit wajah. Melihat kulit wajah mengelupas, rasanya sangat ingin untuk mengelupasnya pada wajah.

Namun, Anda harus menahannya agar tidak menggaruk atau mengelupas. Karena hal ini bisa memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi. Bila ada kulit mati yang menjuntai lepas, berikan pelembap atau kompres dengan air agar kulit tersebut copot sendiri.

Selanjutnya: Ketahui 5 Jenis Scar Jerawat yang Mengganggu Penampilan Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER