Keluarga

Sebelum Declutter Baju, Kenali Masalah yang Akan Anda Temui

Sebelum Declutter Baju, Kenali Masalah yang Akan Anda Temui

MOMSMONEY.ID -  Meski terlihat mudah, declutter baju ternyata hal yang sulit, sebab akan berkaitan dengan sisi emosional Anda. Sebelum melakukan declutter baju, yuk, kenali masalah yang akan Anda temui. 

Declutter baju secara harafiah memang hanya menyingkirkan pakaian yang tak Anda gunakan lagi apapun alasannya. Namun, ternyata saat Anda benar-benar melakukannya, akan menyadari declutter baju akan berkaitan erat dengan sisi emosional Anda. 

Anda mungkin akan menemukan baju yang dulu sangat Anda sukai, namun kini jarang Anda gunakan. Saat seperti ini, Anda akan merasa bimbang.

Nah sebagai antisipasi, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu masalah yang akan Anda temukan saat melakukan declutter baju.

Baca Juga: Ingin Tingkatkan Metabolisme Tubuh di Masa Pancaroba? Konsumsi 5 Buah Ini

Masalah yang akan Anda temukan saat akan declutter baju

1. Anda tak bisa menentukan

Proses declutter baju adalah proses memilah baju mana yang akan Anda simpan dan baju mana yang tidak lagi Anda butuhkan dan gunakan. Namun, terkadang Anda akan merasa bingung, apakah baju ini benar-benar tidak akan digunakan lagi.

Jika Anda menemui masalah declutter baju ini, letakkan baju ke dalam kotak ragu-ragu. Kemudian, sembunyikan kotak tersebut. Buat pengingat sebulan sekali.

Jika Anda merindukan barang yang ada di dalam kotak tersebut simpan kembali. Jika tidak, sebaiknya donasikan.

2. Anda ingin menyimpan baju yang tidak sering Anda gunakan

Terkadang, saat memilah baju akan muncul pemikiran baju ini terlalu bagus untuk didonasikan, namun Anda jarang memakainya. Jika Anda menemukan pemikiran ini coba gunakan baju tersebut selama satu hari. 

Jika baju terasa tak nyaman atau tak lagi cocok Anda gunakan, maka Moms akan segera menyadari alasan kenapa Anda jarang menggunakannya. 

Baca Juga: Ingin Mencoba Desain Rumah Sesuai Zodiak, yuk Intip Desain untuk Taurus

3. Anda tak memiliki waktu

Proses declutter baju akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga, jangan melakukan declutter baju dalam satu waktu. Anda bisa melakukan declutter secara terpisah dan lakukan di waktu luang.

4. Menemukan barang-barang yang Anda pikir akan berguna suatu waktu

Saat melakukan proses declutter Anda akan menemukan baju yang tak pernah Anda pakai. Tapi, Anda ragu untuk mendonasikannya karena merasa baju itu suatu saat akan terpakai. 

Padahal, baju yang sudah lama Anda beli bisa jadi tidak pas lagi Anda gunakan di masa depan. Selain karena ada perubahan badan, juga perubahan gaya berpakaian akan sangat memengaruhinya. 

Baca Juga: Punya Lantai Terbuat Dari Kayu? Ini Perawatan Rutin yang Perlu Anda Lakukan

5. Baju yang tidak pas lagi

Jika Anda menemukan baju yang sudah kebesaran atau kekecilan, singkirkan. Membuka lemari baju dan melihat baju yang tak lagi cukup akan membuat Anda merasa sedih. 

6. Merasa bersalah dan terlalu membuang uang saat declutter

Anda akan merasa bersalah dan membuang uang saat declutter baju. Sebab, Anda akan mengingat bagaimana berharganya baju tersebut.

Padahal, akan lebih membuang-buang uang jika Anda sudah membeli mahal tapi tak menggunakannya sama sekali dan malah menjadi tumpukan barang tak terpakai.

Soalnya, saat Anda mendonasikan atau menjual baju bekas, Anda bisa memberikan kebaikan bahkan uang kembali. 

Demikian 6 masalah yang akan Anda temui saat melakukan declutter baju. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News