Santai

Ingin Tingkatkan Metabolisme Tubuh di Masa Pancaroba? Konsumsi 5 Buah Ini

Ingin Tingkatkan Metabolisme Tubuh di Masa Pancaroba? Konsumsi 5 Buah Ini

MOMSMONEY.ID - Di masa pancaroba seperti ini, penting untuk mengonsumsi buah sehat untuk meningkatkan metabolisme tubuh tetap optimal.

Ada beberapa jenis buah sehat yang ternyata baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Cobalah untuk mengonsumsi beberapa buah berikut ini jika ingin meningkatkan metabolisme tubuh agar tak rentan terhadap penyakit.

Baca Juga: 4 Makanan dan Minuman Alami yang Bisa Membersihkan Usus dari Racun

Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan lemak baik dan penuh nutrisi yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Laman Camille Styles menjelaskan, alpukat kaya akan antioksidan, vitamin E, potasium, iron, dan juga magnesium.

Semuanya merupakan zat-zat baik yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta menjaga kesehatan usus.

Blueberry

Bentuknya yang kecil ternyata menyimpan segudang gizi yang baik bagi tubuh. Blueberry merupakan buah yang kaya antioksidan.

Kandungan tersebut bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh dan membuat tubuh merasa kenyang kenyang lebih lama.

Kaya akan serat, blueberry juga bisa membantu menjaga insulin tetap stabil. Jika insulin berada dalam kondisi stabil, maka metabolisme pun bisa berjalan dengan optimal.

Baca Juga: 4 Sumber Makanan Bantu Tambah Tinggi Badan Anak, Konsumsi Rutin yuk

Aprikot

Menurut laman Self, tubuh yang kekurangan kandungan zat besi atau iron akan rentan mengalami penurunan metabolisme. Sedangkan aprikot adalah salah satu buah segar yang kaya akan kandungan zat besi.

Mengonsumsi 2-3 buah aprikot segar setiap hari mampu mendukung hampir 20% dari kebutuhan harian zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Stroberi

Lagi-lagi buah yang berukuran kecil ini juga mampu memberikan fungsi untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh. Buah stroberi kaya akan vitamin C dan juga antioksidan.

Satu cup stroberi segar bisa menyumbang hingga 150% kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh.

Ditambah stroberi juga bisa membantu meningkatkan dua fungsi hormon, yaitu adiponectin dan leptin. Keduanya berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan ketahanan atau metabolisme tubuh.

Buah-buahan tropis

Buah tropis tentu dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Laman Real Simple menyebutkan, buah tropis seperti pepaya, kiwi, nanas, jambu, jeruk, dan juga mangga adalah beberapa jenis buah tropis dengan kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi.

Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko munculnya penyakit kronis. Sedangkan vitamin C berguna pada proses penyerapan zat besi yang bagus juga untuk kesehatan metabolisme tubuh.

Banyak jenisnya, kan? Jangan lupa sediakan beberapa buah yang baik untuk metabolisme tubuh tersebut setiap hari, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News