Santai

4 Makanan dan Minuman Alami yang Bisa Membersihkan Usus dari Racun

4 Makanan dan Minuman Alami yang Bisa Membersihkan Usus dari Racun

MOMSMONEY.ID - Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman alami yang bisa membersihkan usus dari racun dan kotoran.

Makanan yang telah diproses di usus akan menyisakan sisa makanan dan racun, yang kemudian dibuang melalui kotoran. Maka penting untuk selalu menjaga kesehatan usus terutama setelah Lebaran yang didominasi konsumsi makanan berminyak dan berlemak.

Berikut ini makanan dan minuman alami yang bisa membersihkan usus dari racun dan sisa makanan:

Probiotik

Laman Health Line menyarankan untuk mengonsumsi probiotik sebagai salah satu cara membersihkan usus. Probiotik memiliki kandungan bakteri baik yang bisa digunakan untuk membantu memperlancar sistem pencernaan.

Contoh probiotik seperti yogurt, kimchi, cuka apel, makanan dan minuman fermentasi lainnya adalah jenis probiotik baik yang berguna dalam membantu membersihkan racun dan kotoran di usus.

Baca Juga: Sedang Berlangsung, Ini Penjelasan Singkat Mercury Retrograde di Astrologi

Jus buah dan sayur

Jus buah dan sayur juga sering digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan detox membersihkan usus dari kotoran. Tentu saja jus buah dan sayur yang dimaksud di sini adalah jus buah dan sayur yang murni tanpa adanya tambahan pemanis seperti gula atau susu.

Umumnya buah seperti apel dan kulitnya, pir, pisang, lemon, kiwi, anggur, plum, dan persimmon adalah buah yang kerap dijadikan campuran untuk jus buah dan sayur. Sayur juga beragam bisa menggunakan sawi, bayam, kale, atau pun pokcoy.

Air garam

Air garam juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan juga membersihkan usus. Air garam memiliki manfaat yang baik untuk membantu memperlancar proses pencernaan dalam usus.

Cara mengonsumsinya juga cukup mudah, cukup campur 2 sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Konsumsi air garam ini saat pagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong sebelum makan.

Baca Juga: Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Coba 5 Minuman Penurun Berat Badan Ini

Air putih

Air putih merupakan salah satu minuman alami yang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Melansir aman Medical News Today, seseorang yang kurang dalam mengonsumsi air putih akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan.

Hal tersebut merupakan salah satu penyebab makanan mengendap lebih lama dalam usus dan menjadi racun. Selama berada pada proses tersebut usus akan terus mencari supply air yang mengakibatkan kotoran menjadi keras dan kering ketika dikeluarkan.

Bisa ditemukan dengan mudah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang membantu membersihkan usus dari racun. Cobain, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News