Santai

Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone Global

Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone Global

MOMSMONEY.ID - Persaingan smartphone selalu menarik untuk disimak. Termasuk berbicara penguasa smartphone global selama kuartal I 2022. 

Berdasarkan data International Data Center (IDC), vendor asal Korea Selatan, Samsung kembali mendominasi pasar global. Ya, Samsung menguasai pasar smartphone global dengan pangsa pasar 23,4%.

Produsen lini Galaxy A series itu mengapalkan 73,6 juta unit selama kuartal I 2022. Tapi, angka ini menunjukkan penurunan 1,2% jika berbanding dengan pengapalan Samsung pada periode yang sama di tahun 2021. Saat itu Samsung mampu mengapalkan 74,5 juta unit smartphone.

Baca Juga: Samsung Bakal Pakai Chipset Qualcomm untuk Smartphone Terbaru

Apple yang memegang 18% pangsa pasar dan mengapalkan 56,6 juta unit selama tiga bulan pertama tahun 2022 berada di posisi kedua. Tapi berbeda dengan Samsung, angka pengapalan iPhone pada kuartal pertama malah naik 2,2%, dikutip dari GSMArena. 

Xiaomi, Oppo, dan Vivo masing-masing berada di posisi ketiga, keempat dan kelima. Pangsa pasar Xiaomi sebesar 12,7% dengan pengapalan 39,9 juta unit, sementara Oppo memegang 8,7% pangsa pasar dengan pengapalan 27,4 juta unit. Terakhir ada Vivo dengan pangsa pasar 8,1% dan pengapalan 25,3 juta unit.

Bernasib sama seperti Samsung, baik Xiaomi, Oppo dan Vivo juga kompak mengalami penurunan angka pengapalan yang lebih drastis. Vivo mengalami penurunan terbesar hingga 27,7%, lalu Oppo menyusul sebesar 26,8% dan Xiaomi 17,8%. 

Baca Juga: Perluas ekspansi, Xiaomi Siap Bangun Pabrik di Vietnam

Secara keseluruhan, ada 314,3 juta unit smartphone yang mereka kapalkan sepanjang kuartal I 2022. Angka ini menunjukkan penurunan sekitar 8,9% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu saat pengapalan mencapai 344,7 juta unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News